Bacakan Doa Ini ketika Bangun Rumah agar Penuh Berkah

Selasa 23-07-2024,07:32 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Saat membangun rumah, umat muslim disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT memohon supaya diberikan keberkahan dan juga kemudahan.

Rumah adalah kebutuhan utama setiap manusia. Selain dapat dipakai untuk tempat tinggal, rumah juga bisa menjadi investasi serta tempat orang tua dalam mendidik anak-anaknya.

Untuk memiliki rumah yang layak huni, kamu bisa membelinya ataupun membangunnya dari awal. Nah, saat kamu memilih membangun dari awal, banyak rintangan dan tantangan yang akan dihadapi. Seperti bahan bangunan yang harganya tak menentu sampai tukang bangunan yang bisa diajak bekerjasama.

BACA JUGA:Rekomendasi Lensa Tambahan untuk Kamera Hp, Cocok Dibawa saat Nonton Konser!

Supaya diberikan kemudahan dan keberkahan ketima membangun rumah, umat muslim bisa memohon kepada Allah SWT dengan cara memanjatkan doa. Doa tersebut ada di dalam Al-Qur’an Surat Al-Mukminun ayat 29 yang dibaca oleh Nabi Nuh ketika umatnya turun dari bahtera yang sudah menghayutkan mereka ke sebuah tempat asing. Berikut ini lafal doanya:

Rabbi anzilnii munzalam mubaarakaw wa anta khairul-munziliin.

Artinya: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat.

Doa ketika bangun rumah ini juga bisa membuat rumah yang kamu tempati menjadi nyaman dan memberikan keberkahan.

Sebelum memanjatkan doa ini dianjurkan untuk berpuasa terlebih dahulu. Kemudian, dibacakan ayat ini sembari menyiramkan air ke berbagai penjuru rumah dengan niat untuk meminta perlindungan dari Allah SWT.

BACA JUGA:Doa yang Dibaca Ketika Kagum Melihat Ciptaan Allah SWT dan Sesuatu yang Menakjubkan

Selain membangun rumah, supaya bisa memiliki hunian yang nyaman, umat islam juga bisa berdoa lainnya. Berikut ini bacaan doanya.

Allaahumma Robbal bait, as aluka bijaahi ahlil bait, an tuyassirolii khoiro bait, chattaa laa naquul yaa laiit.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah pemilik baitullah, aku memohon kepadamu dengan wasilah ahlil bait Rasulullah, agar Engkau mudahkan untukku sebaik-baiknya rumah, sehingga aku tidak mengucap seandainya aku punya rumah.*

Kategori :