Manisan Terong Jadi Kuliner Khas Bengkulu, Ini Manfaatnya

Minggu 07-07-2024,09:37 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Terong ungu merupakan sayuran yang mempunyai rasa yang khas, namun tidak semua orang menyukainya. Teksturnya paling cocok untuk diolah menjadi sup, semur, dan bermacam masakan olahan khas Indonesia yang lainnya. Seperti di Bengkulu, terong ungu bisa dijadikan sebagai manisan yang legit.

Selain itu, terong juga mengandung beraneka ragam nutrisi yang menyehatkan dan bahkan melindungi tubuh dari banyak penyakit. Berbagai manfaat ini bisa diperoleh pada seseorang yang sering mengonsumsi terong ungu.

1. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi terong ungu akan membantu tubuh dalam mengatasi gangguan pencernaan, mulai dari sembelit dan perut kembung. Tak hanya itu, sayuran ini juga bisa menjaga pencernaan tetap sehat. Bahkan, terong juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi secara bersamaan.

BACA JUGA:Sejarah Festival Tabut, Tradisi Perayaan Tahun Baru Islam di Bengkulu

2. Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang bisa mencegah kerusakan sel pada tubuh. Karena, kerusakan ini bisa mengganggu fungsi sel normal dan menimbulkan peradangan pada tubuh, disebut pula dengan radikal bebas.

Itu sebabnya, dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan sangat baik untuk membantu menetralisir radikal bebas.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Terong kaya akan kandungan potasium, kalsium, hingga vitamin K, dan berbagai zat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Mengkonsumsi terong secara rutin, akan menurunkan risiko osteoporosis.

BACA JUGA:Kenapa Bubur Merah-Putih Selalu Identik dengan Hari 1 Syuro? Berikut Faktanya

4. Menurunkan Kolesterol

Terong mengandung nasunin yang tinggi, dan sudah terbukti bisa menjaga kadar kolesterol di ambang normal.

Hal ini sangat baik untuk menurunkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

5. Menurunkan Berat Badan

Kategori :