Anak Lagi Kecanduan Game Online? Ini 4 Cara yang Harus Dilakukan

Sabtu 22-06-2024,10:03 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Gejala kecanduan game online pada anak memang menjadi hal yanh cukuo serius. Itu sebabnya, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membangun bonding atau ikatan antara ayah, ibu, dan juga anak.

Berikut ini cara mengatasi kecanduan game online pada anak yang dapat diterapkan oleh orang tua, menurut saran dari psikolog anak.

1. Komitmen orang tua di rumah

Ayah dan ibu wajib bekerja sama dalam berkomitmen untuk membatasi anak bermain game. Beritahu kepada anak bahwa mereka wajib tahu batasan dan aturan dalam bermain game online.

Menerapkan komitmen agar anak-anak terlepas dari hal-hal adiktif tentu tidak selalu dengan cara yang kasar atau memakai kekerasan.

BACA JUGA:Ada 3 Warna Paspor di Indonesia, Berikut Jenis dan Fungsinya

2. Membuat jadwal khusus bermain game

Hal Ini perlu dilakukan agar orang tua tidak terkesan memutus langsung akses bermain game. Orang tua bisa memberi izin kepada anak untuk bermain game online hanya saat di akhir pekan atau seminggu sekali saja. Tak hanya itu, tentukan pula batas waktunya.

3. Menemani anak saat bermain game

Jika mendampingi anak-anak bermain game online, orang tua dapat menghindari anak dari permainan yang mempunyai unsur kekerasan atau pornografi.

Pastikan anak kamu memilih permainan yang edukatif sebagai sarana pembelajaran yang mendidik namun juga menghibur.

BACA JUGA:5 Manfaat Sedekah Subuh, Amalan Memperlancar Rezeki

4. Orang tua harus punya kegiatan alternatif

Untuk cara ini, Orang tua dapat memilih kegiatan yang memacu adrenalin anak, mulai dari outbound game, olahraga bersama anak, hingga mengajak mereka belajar berkebun.

Kegiatan itu bukan cuma membantu mengalihkan pikiran dari game online saja, tetapi bisa mengubah rutinitas baru yang tidak biasa dari sebelumnya.

Kategori :