Bunda Jangan Panik, Begini Cara Mudah Mengembalikan Nafsu Makan Si Kecil

Senin 10-06-2024,17:55 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Kurang nafsu makan pada anak ataupun orang dewasa bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang kurang menarik, atau ada kondisi medis tertentu.  

Untuk dapat mengembalikan nafsu makan Si Kecil, berikut ini beberapa cara yang dilakukan untuk menambah nafsu makan pada anak yang bisa Bunda terapkan:

1. Hindari tindakan memaksa

Tindakan orang tua yang memaksa anaknya makan lantaran merasa khawatir justru bisa memancing ketegangan pada waktu makan. Hal ini akan membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.

Itu sebabnya, kalau Si Kecil tidak nafsu makan, Bunda bisa memberinya nasehat secara lembut dan membujuknya dengan halus ketimbang memaksanya untuk menghabiskan makanan.

BACA JUGA:Rela Tinggalkan Keluarga, Berapa Gaji Pasukan Perdamaian PBB?

2. Buat tampilan makanan yang menarik

Menyajikan makanan yang menarik adalah cara menambah nafsu makan anak yang selanjutnya bisa Bunda lakukan.

Makanan yang berwarna-warni akan menarik perhatian Si Kecil, sehingga diharapkan bisa membuatnya tertarik untuk mengonsumsinya. Coba gabungkan bermacam-macam sayur dengan warna yang berbeda, dan sajikan dengan sumber karbohidrat, protein, dan lemak, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. 

3. Goda dengan aroma makanan 

Untuk menerapkan cara ini, Bunda bisa menyajikan makanan hangat yang baru selesai dimasak tepat di hadapan sang buah hati. Aroma makanan yang lezat juga bisa diperoleh dengan menghangatkan makanan sebelum disajikan. 

BACA JUGA:Pesona Rindu Hati, Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bengkulu Tengah

4. Bagi dalam porsi kecil

Cara menambah nafsu makan anak selanjutnya yaitu membagi porsi makan Si Kecil. Karena, satu piring penuh makanan bisa membuat anak menjadi cepat kenyang dan menurunkan nafsu makannya.

Bunda dapat membagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil untuk disajikan beberapa kali. Tak hanya itu, porsi kecil juga akan lebih gampang disiapkan.

Kategori :