Meski Sudah Era Modern, Ini 6 Negara yang Menggunakan Sistem Monarki

Senin 27-05-2024,19:39 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Sistem monarki atau sistem pemerintahan yang dipimpin oleh raja atau ratu berdasarkan garis keturunan sangat terkenal di negara-negara Eropa, paling tidak sampai abad ke-19.

Tetapi, seiring perkembangan zaman atau ketika masuk abad ke-20 popularitas monarki pun menurun, Tidak semua negara memertahankan sistem monarki yang mereka punya.

Meskipun popularitasnya terus menurun, namun ada beberapa negara tetap setia mempertahankan sistem monarki ini.

Walaupun tidak terkenal seperti kerajaan Inggris, berikut ini negara-negara yang masih setia dengan sistem monarki di era modern seperti yang dirasakan saat ini.

BACA JUGA:Apa Penyebab Suhu Panas yang Terjadi Akhir-akhir Ini? Ini Kata BMKG

1. Kerajaan Arab Saudi

Kerajaan Arab Saudi didirikan pada tahun 1932 oleh Ibnu Saud. Lalu Raja Abdulaziz Al-Saud menjadikan Arab Saudi sebagai negara modern di tanggal 23 September 1932. Sekarang ini kerajaan Arab Saudi dipimpin oleh Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Ini merupakan salah satu kerjaan paling kaya di dunia, bahkan melebihi kerjaan Inggris.

2. Kerajaan Kuwait

Kuwait merupakan negara monarki yang palibg kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Negara ini berbatasan langsung dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara. Pemimpin tertinggi di kerajaan Kuwait bernama Emir. Emir Negara Kuwait metupakan raja dan kepala negara Kuwait. Emir merupakan posisi paling kuat di negara ini. Emir Kuwait metupakan anggota dinasti Al-Sabah, yang asalnya dari Bani Utbah; federasi marga di Semenanjung Arab.

3. Kerajaan Qatar

Qatar adalah negara monarki dan kepala negaranya sekarang ini adalah Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Qatar bisa disebut sebagai negara monarki konstitusional ataupun monarki absolut.

BACA JUGA:Ketahui Ini 5 Negara Paling Tertinggal di Dunia, Kebanyakan Ada di Afrika

4. Kerajaan Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab merupakan sebuah Monarki terpilih yang terbentuk atas federasi dari tujuh emirat, yakni Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Fujairah, Ras al-Khaimah, Sharjah serta Umm al-Qaiwain. Sekarang ini pemimpin tertinggi di Uni Emirat Arab yaitu Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan GCMG.

5. Kerajaan Belanda

Kategori :