Ini Ponsel dengan Tingkat Radiasi yang tinggi, 4 Teratas Ditempati Oleh Smarthphone Favorit

Jumat 17-05-2024,15:19 WIB
Reporter : Rendi Bintara Yudha
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Setiap barang elektronik pasti memiliki resiko radiasi, tak terkecuali hal ini juga termasuk pada ponsel pintar atau smartphone yang juga memiliki tingkat radiasi yang tinggi.

Radiasi sendiri merupakan energi yang terpancar dari dari materi atom dalam bentuk artikel partikel atau gelombang misalnya gelombang elektromagnetik. Tingkat radiasi yang dimiliki masing-masing smartphone pun berbeda.

Dilihat dari rangkuman yang dibuat oleh Platform analitik pasar Stocklytics beberapa ponsel pintar berikut ternyata memiliki radiasi yang tinggi pada tahun 2024.

Dari daftar yang dikeluarkan tersebut ada 5 ponsel pintar yang mempunyai radiasi tinggi dari daftar tersebut , HP Xiaomi mendominasi daftar.

BACA JUGA:Sebelum Menikah Catin Wajib Miliki Elsimil, Lantas Apa Manfaatnya?

Berikut daftar 5 HP dengan tingkat radiasi tinggi

1. Xiaomi Mi A1 

2. Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM 

3. Xiaomi Mi Max 3 

4. Xiaomi Mi Mix 3 5G

5. Samsung Galaxy A23 5G

BACA JUGA:Hati-hati! Jemaah Haji 2024 Harus Patuhi 6 Larangan Ini Saat di Masjid Nabawi

Daftar ini sendiri berdasarkan pada  nilai Tingkat Penyerapan Spesifik (Specific Absorption Rate/SAR) setiap perangkat. SAR sendiri merupakan metode pengukur ilmiah yang menghitung kecepatan tubuh orang menyerap energi dari sumber radiasi seperti smartphone. SAR dihitung dengan satuan watt per kilogram (W/kg).

Dari data yang ada di Stocklytics, Xiaomi Mi A1 baik versi 4G maupun 5G memiliki tingkat radiasi 1,75 W/kg yang bisa diserap oleh telinga. 

Angka ini memang tergolong tinggi jika dibandingkan dengan model lainya yang ada di dalam daftar. Xiaomi Mi Max 3 dan Mi Mix 3 5G juga terhitung memiliki nilai SAR tinggi yang bisa diserap telinga. Angkanya masing-masing sebesar 1,58 W/kg dan 1,56 W/kg.*

Kategori :