Pecinta Kopi Wajib Baca, Kedai Kopi Pertama di Dunia Ternyata Sudah ada Sejak Tahun 1554

Kamis 07-03-2024,15:13 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Kopi merupakan salah satu minuman terkenal yang paling banyak digemari pleh semua orang di seluruh dunia. Kecintaan masyarakat dengan kopi dikarenakan berbagai alasan, seperti cita rasanya yang unik dan berbeda dibandinglan minuman lainnya sampai memiliki berbagai manfaat yang bisa didapat.

Di Tanah Air , keberadaan kopi terlihat sudah sangat menjamur dan menjadi life style yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat, mau itu yang tinggal di daerah sampai di perkotaan besar. Membahas tentang kedai kopi, apakah kamu tahu kedai kopi pertama yang ada di dunia?

Tampaknya kebanyakan dari kamu akan menjawab Starbucks adalah kedai kopi pertama di dunia. Kalau kamu menjawab Starbucks, maka jawaban kamu salah besar. Kedai kopi pertama yang ada di dunia yaitu Kiva Han dan berada di Turki. Kedai kopi Kiva Han ini sudah berdiri sejak tahun 1554. 

BACA JUGA:Penggunaan WhatsApp di HP Jenis Ini Akan Diblokir Permanen, Cek Daftarnya

Berdasarkan sejarah, kopi ditemukan pada abad ke-11 di Ethiopia. Saat itu, penyebaran kopi dimulai dari Yaman kemufian berlanjut ke Turki yang ketika itu masih bernama Konstantinopel. Di tahun 1554, kopi yang hadir di masa pemerintahan Sultan Suleiman ini dijadikan sebagai barang mewah lantaran sulit ditemukan.

Dari sinilah biji kopi mulai diolah menjadi minuman lezat. Di Istana Ottoman yaitu tempat tinggal Raja Suleiman, biji kopi dipanggang di atas bara api kemudian ditumbuk halus dan direbus secara perlahan menggunakan api arang.

Lalu minuman kopi naik popularitasnya dan banyak masyarakat di Konstantinopel yang mulai membuat minuman kopi sendiri di rumah mereka yakni dengan cara memanggang, menumbuk, serta menyeduhnya.

Awalnya Minuman ini bukan bernama coffee atau kopi, tetapi cezve. Kemudian di tahun 1554, munculah kedai kopi pertama, tepatnya di Konstantinopel dan menjadi kedai kopi pertama yang ada di dunia bernama Kiva Han.

BACA JUGA:Penasaran, Kenapa Bus Tidak Pernah Memastikan Mesin saat Mengisi BBM? Ternyata Ini Alasannya

Kiva Han yang berada di distrik Tahtakale ini bukan cuma menjadi tempat minum kopi saja, namun juga digunakan orang-orang lokal sebagai fungsi sosial yaitu tempat berkumpul dan berbincang sampai membaca buku hingga mendiskusikan syair, puisi, ataupun sastra. Dari sinilah budaya ‘nongkrong’ di kedai kopi mulai terkenal ke masyarakat luas.

Walaupun Kiva Han menjadi kedai kopi pertama di dunia, namun bukan berarti kamu tidak dapat mengunjunginya lagi. Kedai kopi Kiva Han masih ada sampai saat ini lantaran masih terus dilestarikan dan menjadi salah satu ikon kuliner dari negara Turki.

Kedai kopi Kiva Han menjual berbagai jenis kopi Turki yang dibuat dari 100% kopi Arabika tanpa menggunakan bahan campuran apapun. Selurub varian minuman kopi yang dijual di sini juga 100% dibuat dengan bahan alami tanpa aroma atau pemanis tambahan.*

Kategori :