Waspada, Ada Kurma Asal Israel Beredar di Pasaran, Begini Cara Membedakannya

Selasa 05-03-2024,10:00 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Kurma adalah salah satu makanan yang kerap disajikan sebagai hidangan untun buka puasa. Menjelang Ramadhan 2024, seluruh umat muslim mulai mencari serta membeli kurma yang beredar di pasaran.

Tetapi banyak umat muslim yang tidak mengetahui ada kurma yang berasal dari Israel. Negara yang menjajah Palestina tersebut menjadi salah satu pengekspor kurma tersebar se-dunia.

Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dalam memilih merek kurma seiring dengan masih berjalannya serangan yang dilakukan Israel kepada penduduk Gaza, Palestina.

BACA JUGA:Heboh! Sungai di Maluku Ini Tampak Jernih dan Pasangi Keramik Bak Kolam Renang

Diketahui ada 4 cara yang bisa dilakukan umat muslim supaya bisa membedakan kurma Israel, diantaranya:

1. Periksa label saat membeli kurma. Jangan membeli kurma yang diproduksi atau dikemas di Israel atau pemukiman Tepi Barat

2. Periksa label di selurub kurma Medjool. Kebanyakan kurma Medjool yang dijual di supermarket ditanam di Israel atau pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina.

3. Jangan membeli kurma yang mencantumkan Hadiklaim dalam labelnya. Hadiklaim adalab pengekspor kurma terbesar di Israel dan pemukiman ilegalnya. Perusahaan ini menjual kurma ke luar negeri dengan merek King Solomon, Jordan River, Jordan River Bio-Top, dan di bawah label pribadi jaringan supermarket.

4. Periksa label untuk perusahaan yang mengekspor kurma Israel dan pemukiman ilegal seperti Mehadrin, MTex, Edom, Agrexco, serta Arava.

BACA JUGA:Berikut Cara Aman Keluar Group WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengguna Lain

Kurma Medjool termasuk dalam buah yang segar, mempunyai rasa yang kaya dan tingkat kemanisan seperti karamet, teksturnya juga kenyal dan lembut.

Kurma Medjool terkenal sebagai 'Ratu Kurma' lantaran ukurannya besar dengan rasa manis yang cukup kuat, tetapi bertekstur lembut. Medjool juga termasuk jenis kurma yang ketap disantap saat Ramadhan.

Bahkan, Kurma Medjool mempunyai panjang hampir dua inchi. Di tahun 2027, harga per kilonya bisa mencapai 100 dirham per kilo atau sekitar Rp391.000 di pasaran lokal.*

Kategori :