Silahkan Dicoba, Berikut 8 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Bugar dan Tidak Mudah Lemas Saat Berpuasa

Senin 04-03-2024,19:23 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

4. Lakukan Olahraga Ringan

Untuk menjaga tubuh tetap fit di masa puasa, Anda juga perlu melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan latihan ringan, seperti jalan kaki, jogging 10 menit, yoga, atau melakukan pekerjaan rumah.

Pastikan juga untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga agar tubuh tidak kaku dan bisa menyebabkan kram otot.

5. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis karena bisa menyebabkan lebih cepat haus. Memang benar konsumsi sesuatu yang manis bisa menambah energi, tetapi tidak disarankan untuk mengkonsumsinya, terutama saat sahur.

Anda, bisa tetap mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka saja. Meski begitu, tidak boleh berlebihan, ya.

Pastikan kamu mengetahui batasan normal konsumsi gula untuk menghindari hal tidak diinginkan, seperti kenaikan kadar gula darah dan obesitas.

6. Lengkapi Kebutuhan Gizi dan Serat

Meski sedang puasa, Anda juga harus tetap melengkapi kebutuhan gizi dan serat. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang adalah dengan cara konsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan serat alami.

Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi saat sahur, seperti roti, nasi merah, alpukat, dan sebagainya, untuk menyimpan cadangan energi. Berikut adalah alat masak praktis yang bisa kamu pakai saat bulan puasa.

BACA JUGA:Sudah Finger Print dan Chipset Snapdragon, Xiaomi Luncurkan Redmi Note 13 Hanya Rp2 Jutaan

7. Kurangi Kafein

Tips puasa sehat berikutnya adalah mengurangi minum kafein. Soalnya, kafein dapat meningkatkan stimulasi pengeluaran cairan dalam tubuh melalui air kemih.

Lebih baik Anda mengkonsumsi air mineral yang baik untuk melengkapi kebutuhan cairan agar tubuh tetap fit.

8. Istirahat yang Cukup

Saat hari normal pun, Anda wajib untuk mendapatkan istirahat yang cukup, apalagi saat bulan puasa. Pastikan kamu sudah cukup tidur minimal 6 jam sehari dan 7 jam sehari untuk anak-anak.

Kategori :