Ini Dia Cara Ampuh Berhenti Merokok, Dijamin Ampuh dan Otomatis Tak Suka Rokok Selamanya

Sabtu 02-03-2024,13:16 WIB
Reporter : Suhendra FA
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Banyak perokok yang ingin meninggalkan kebiasaan merokok karena faktor ekonomi maupun faktor kesehatan.

Dilihat dari sudut pandang ekonomi, kebiasaan merokok memang banyak menghabiskan biaya. Apalagi bagi kalangan perokok berat. Dalam satu hari, perokok berat bisa menghabiskan satu sampai dua bungkus rokok. 

Jika rata-rata satu bungkus rokok kelas menengah di harga Rp 25 ribu. Tentu dalam satu hari bisa menghabiskan uang mencapai Rp 50 ribu untuk dua bungkus rokok. 

Sementara di lihat dari segi kesehatan, kebiasaan merokok dengan jangka panjang bisa mengakibatkan sejumlah efek kesehatan yang tidak baik. Seperti penyakit paru-paru dan jantung.

BACA JUGA:2 Bunga Raflesia Mekar Berdampingan di Kemumu, Wajib Dikunjungi!

Namun demikian, untuk benar-benar berhenti merokok memang tidak mudah. Sekalipun telah memiliki niat dan tekad kuat.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa lebih mudah berhenti dari kebiasaan merokok? 

Jadi, selain memiliki tekad yang kuat, obat juga biasa dipilih ketika Anda mengalami kesulitan yang teramat besar untuk menahan hasrat mengisap tembakau.

Secara umum, ada beberapa jenis obat yang bisa membantu Anda berhenti merokok. Obat-obat tersebut bisa dibeli di apotek namun tetap harus dengan resep dokter. 

BACA JUGA:HGU PT Air Muring Segera Habis, Ini Tuntutan Desa Penyangga kepada Perusahaan

Dilansir laman Genpi.co. berikut ini jenis obat yang bisa membantu Anda berhenti merokok.

1. Varenicline (Chantix®)

Varenicline (Chantix®) merupakan jenis obat resep yang dalam cara kerjanya bisa mengganggu reseptor nikotin di otak, dengan demikian maka kenikmatan rokok berkurang serta mengurangi gejala saat konsumsi rokok di kurangi.

2. Bupropion 

Bupropion yaitu antidepresan yang bisa membantu mengurangi gejala saat nikotin dikurangi. Cara kerjanya yaitu dengan memengaruhi bahan kimia di otak terkait kecanduan nikotin.

Kategori :