Berikut Ini 10 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan pada Rekrutmen CPNS 2024

Kamis 18-01-2024,09:14 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Tahapan rekrutmen CPNS 2024 akan segera dibuka. Berikut, ini 10 jurusan kuliah yang lulusannya bakal dibutuhkan saat seleksi CPNS. 

Tidak hanya berpeluang jadi PNS, tapi jurusan-jurusan ini juga banyak diincar perusahaan swasta di Indonesia. 

Sebagai informasi,  menjadi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saat ini adalah impian bagi lulusan perguruan tinggi. 

Apa bila kalian saat, ini masih duduk di bangku SMA/SMK sederajat yang berminat ingin jadi CPNS, berikut ini adalah sejumlah jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan. 

BACA JUGA:6 Instansi ini Akan Buka Formasi untuk SMA/SMK di Pendaftaran CPNS 2024, Berikut Rinciannya

Bagi kalian yang lulusan di tahun 2024, ini akan ada rekrutmen CPNS sebanyak 429.183 formasi di tingkat pusat dan 1.867.333 di daerah. 

Nah, apa saja sih 10 jurusan yang sangat berpeluang dan paling dicari pada seleksi CPNS berdasarkan rekrutmen di tahun 2023? Berikut, ini rinciannya.

1. Jurusan Ilmu Kearsipan

Jurusan bidang Sosial dan Humaniora atau Soshum memiliki 599 posisi yang dibutuhkan. Posisi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS ini sebagai arsiparis.

2. Jurusan Pendidikan

Salah satu profesi di PNS yang berkaitan dengan jurusan pendidikan adalah guru. Profesi guru menjadi salah satu profesi yang selalu dibutuhkan di Indonesia.

Maka, banyak lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seperti Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru untuk lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

BACA JUGA:Mau Uji Adrenalin? Kunjungi 6 Gua Ini, Dikenal Angker dan Penuh Misteri se-Indonesia

3. Jurusan Kesehatan

Jurusan Kesehatan juga selalu dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS. Misalnya, untuk posisi Administrator Kesehatan Ahli Pertama. Lalu dokter, perawat, bidan.

Kategori :