Keutamaan Membaca Istighfar Bagi Umat Muslim, Yuk Amalkan!

Kamis 18-01-2024,03:03 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Manfaat istighfar kalau diamalkan secara rutin setiap hari ternyata sangatlah baik. Istighfar ataupun Astaghfirullah adalah kalimat istimewa menurut ajaran agama Islam.

Membaca istighfar secara harfiah dilakukan secara berulang kali perkataan dalam bahasa Arab seperti kalimat ‘astaghfirullah’, yang memiki arti “Saya memohon ampunan kepada Allah SWT”.

Beristighfar menurut filosofi Islam, memiliki arti sebagai seseorang yang senantiasa memohon ampunan atas kesalahan dan selalu berusaha untuk menaati perintah Allah dan tidak melanggarnya.

Manusia adalab makhluk yang tak pernah luput dari kesalahan dan dosa-doaa. Dengan rutin membaca istighfar untuk meminta ampunan, maka Allah juga selalu akan memberikan balasan.

BACA JUGA:Berikut Ini Waktu yang Tepat untuk Memanjatkan Doa di Sepertiga Malam, Niscaya Allah Akan Langsung Kabulkan

Berikut ini keutamaan atau manfaat membaca istighfar bagi seorang muslim:

1. Menghapus Dosa

Membaca istighfar ini umumnya memang dilakukan oleh umat muslim untuk meminta ampun kepada Allah. Dengan rutin membaca Istighfar niscaga Allah juga akan menghapus dosa-dosa. Seperti pada salah satu firman Allah SWT:

Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al Anfal:33)

2. Mengabulkan Doa

Allah SWT berfirman:

Shaleh berkata : ‘Hai kaumku, sembahlah Allah SWT, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia sudah menciptakan kamu dari tanah dan menjadikan kamu pemakmurnya. Itu sebabmya mohonlah ampunan-Nya, lalu bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku sangat dekat rahmat-Nya, dan maha mengabulkan doa-doa hamba-Nya. (Hud: 61)

BACA JUGA:Mengenal Sosok Si Jenius Sosrokartono, Mampu Kuasai Lebih dari 35 Bahasa

3. Membuka Pintu Rezeki

Manfaat istighfar bukan cuma akan diberi ampunan atas dosa-dosa. Tetapi, juga bisa membukakan pintu rezeki bagi yang membacanya. Hal tersebut dijelaskan Allah SWT melalui firmannya dalam Surat Nuh ayat 10-12.

Kategori :