10 Manfaat Buah Ciplukan yang Jarang Orang Ketahui, Ampuh Kendalikan Gula Darah dan Kolesterol

Senin 18-12-2023,13:27 WIB
Reporter : Sigit Haryanto
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Salah satu buah populer di Indonesia, Ciplukan. Buah, ini berbentuk terbungkus dengan kelopak menggelembung dan berwarna kuning saat matang.

Rasanya yang asam dan manis, membuat buah ciplukan di gemari olah banyak orang. Tanaman ini pun, biasanya tumbuh subur di persawahan, kebun hingga perkampungan. 

Buah ciplukan memiliki kandungan seperti Saponin, flavonoid, polifenol, fisakin, asam sitrat, asam malat, alkaloid, Tanin, cryptoxanthin dan vitamin C hingga bisa menjadikannya sebagai obat herbal. 

BACA JUGA:Fakta Terbaru, Ternyata Singkong Bukan Tanaman dari Indonesia

Dilansir dari Kompas.tv, berikut adalah manfaat lain dari buah ciplukan yang baik untuk kesehatan dan tubuh. 

1. Kaya antioksidan

Keberadaan antioksidan merupakan salah satu manfaat utama yang dapat diperoleh dari daun maupun buah ciplukan.

Kandungan antioksidan yang melimpah dalam kedua bagian tanaman ini berperan sebagai sumber alami dalam mencegah timbulnya beberapa penyakit kronis.

Dengan kekayaan antioksidannya, daun dan buah ciplukan memberikan kontribusi penting dalam melindungi tubuh dari potensi serangan penyakit yang dapat berdampak jangka panjang.

Selain itu, zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol yang terdapat dalam buah ciplukan memiliki peran penting untuk membantu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menunjukkan gabungan karotenoid dan polifenol dalam buah ciplukan memiliki kemampuan untuk menghentikan penyebaran berbagai jenis penyakit kanker. Kemampuan tersebut membuat buah ciplukan direkomendasikan di beberapa negara sebagai sumber alami makanan anti kanker dan sebagai dukungan untuk menjaga kekuatan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Meskipun Miliki Rasa yang Pahit, Brotowali Ternyata Sangat Kaya Manfaat dan Bagus untuk Kesehatan Tubuh

2. Anti inflamasi atau peradangan

Selain buahnya, daun ciplukan juga memberikan kontribusi dalam mengurangi berbagai jenis penyakit, terutama pada masalah peradangan. Keberhasilan ini terkait dengan efek anti inflamasi dan analgesik yang dimiliki oleh daun ciplukan, yang tidak hanya membantu mengatasi peradangan tetapi juga mempercepat proses penyembuhan.

Daun ciplukan juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk radang sendi, asam urat, dan wasir. Tidak hanya itu, daun ciplukan juga memberikan manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung serta membantu mencegah atau memperlambat perkembangan aterosklerosis pada penyakit jantung koroner.

Kategori :