4 Cara Mudah Mengatasi Darah Rendah Tanpa Minum Obat, Segera Ikuti!

Rabu 29-11-2023,09:17 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Ada banyak penyebab tekanan darah rendah, seperti dehidrasi, terlalu lama berbaring di tempat tidur, kehamilan, mengidap diabetes, sampai mempunyai penyakit jantung. Namun, bagaimana cara mengatasi kondisi seperti ini?

Selain mengonsumsi obat, ada pula cara mudah untuk mengatasi darah rendah yang bisa kamu lakukan. Bisa dengan mengkonsumsi makanan tertentu, beristirahat, dan jangan bangun terlalu cepat dari posisi duduk. Simak cara mengatasinya dibawah ini:

1. Makan Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi yang baik untuk meningkatkan tekanan darah bagi pengidap darah rendah. Zat besi membantu sel darah merah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru ke sel-sel di seluruh tubuh. 

Sesudah oksigen dikirim, zat besi membantu sel darah merah membawa limbah karbon dioksida kembali hingga ke paru-paru untuk dihembuskan. Zat besi juga memiliki peran dalam banyak reaksi kimia penting dalam tubuh.

BACA JUGA:Cegah Penuaan Dini! 5 Sayuran Ini Cocok sebagai Pengganti Skincare yang Mengandung Retinol

2. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih juga mampu mengatasi tekanan darah rendah. Minum lebih banyak air bisa meningkatkan volume darah serta membantu mencegah dehidrasi. Keduanya sangat penting untuk mengobati hipotensi. 

3. Menghindari Olahraga Tertentu

Perubahan postur secara mendadak bisa menyebabkan darah rendah.

Jadi, bagi kamu yang memiliki darah rendah, alangkab baiknya untuk menghindari gerakan secara mendadak, atau olahraga yang membuat kepala sejajar atau berada di bawah jantung.

Kamu bisa tetap melakukan olahraga kardio, asal sesudahnya melakukan pendinginan agar sirkulasi darah bisa kembali seperti awal.

BACA JUGA:Modal Daun Salam, Kolesterol, Diabetes dan Darah Tinggi, Auto Minggat! Intip Resep ala dr. Zaidul Akbar Disini

4. Tambah Asupan Natrium

Dengan menambahkan jenis makanan yang mengandung lebih banyak natrium bisa membantu meningkatkan darah rendah. Tetapi, ingat jangan terlalu berlebihan. Karena bisa memberikan beban ekstra bagi jantung dan pembuluh darah. 

Kategori :