Ini Keutamaan Membaca Surat Al-Fath, Dijauhkan dari Bahaya dan Diluaskan Rezekinya

Minggu 12-11-2023,01:29 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Surat Al-Fath yang artinya kemenangan adalah surat ke-48 yang ada didalam Al-Qur'an dan terdiri atas 29 ayat. Surat ini tergolong surat-surat Madaniyyah, yang diturunkan setelah Surat Al-Jum'ah. 

Surat ini mempunyai keutamaan dan khasiat yang dahsyat. Diberi nama Al-Fath (kemenangan) diambil dari perkataan Fat-han yang ada pada ayat pertama dalam surat ini. 

“Innaa fatahnaa laka Fatham Mubiinaa”

Yang Artinya: "Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata." (QS Al-Fath Ayat 1)

BACA JUGA:Resep Sambal Ulekan Tempe Mentah, Nikmat Pedasnya Menggugah Selera Nggak Berhenti Makan

Sebagian besar dari ayat-ayat surat ini menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan kemenangan yang dicapai oleh Nabi Muhammad SAW dalam peran melawan kaum musyrikin Mekkah. Rasulullah SAW sangat gembira dengan turunnya ayat pertama surat ini. 

Kegembiraan ini tercantum dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari. "Sesungguhnya sudah diturunkan kepadaku satu surat, yang surat itu benar-benar lebih aku cintai dari segala apa yang disinari matahari."

BACA JUGA:Media Gaza Sebut Daftar Produk yang Pendukung Israel, Tenyata Banyak Brand Terkenal

Keutamaan dan Khasiat dari Surat Al-Fath:

1. Dijauhkan dari Marabahaya dan Diluaskan Rezeki

"Barangsiapa yang membaca Surat Al-Fath tiga kali pada malam permulaan bulan Ramadhan, niscaya dia dijauhkan dari marabahaya dan diluaskanlah rezekinya."

2. Dikumpulkan Bersama Orang-orang yang Mati Syahid

Dalam Kitab khawasul Qur'an dijelaskam, "jika kita membaca Surat Fath secara rutin setiap hari, niscaya akan dikumpulkan bersama orang-orang yang mati syahid, dan Allah membukakan pintu kebaikan dan kegembiraan, baik urusan dunia dan juga urusan akhirat kelak."

3. Mendapat Motivasi untuk Menggapai Kesuksesan Hidup

Surat Al-Fath juga menyebutkan tentang kemenangan dan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah SAW dan umat Islam dalam Perjanjian Hudaibiyah. Sehingga daat membaca surat ini bisa memberikan motivasi dan juga semangat untuk menggapai kemenangan dalam hidup.*

Kategori :