9 Keutamaan Doa Allahumma Anta Robbi, Amalan Doa Penghapus Dosa Paling Mustajab Bagi Seorang Muslim

Sabtu 11-11-2023,03:14 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Dengan membaca allahumma anta Robbi yang merupakan salah satu bacaan yang terdapat di dalam doa sayyidul istighfar yang apabila kita sering membacanya maka dapat membuat dosa kita diampuni oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Penjelasan mengenai doa ini terdapat di dalam sebuah hadits riwayat al-Bukhari dari Syaddad bin Aus RA. Berikut ini adalah bacaan:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anna 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika. Mastatha'tu a'uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu u laka bini' matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii faghfir lii fa innahu laa yagfirudz dzunuuba illa anta"

Artinya:

"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau." (HR Bukhari)

BACA JUGA:Miris, Seorang Ibu Kandung di Depok Tega Menjual Anak Gadisnya ke WNA Hidung Belang Seharga Rp3 Juta

Nah berikut ini adalah 9 keutamaan dari membaca doa sayyidul istighfar yang terdapat di dalam buku dahsyatnya keajaiban istighfar bagi orang-orang sibuk karya Khairi Syekh Maulana Arabi:

1. Dengan mengamalkan doa sayyidul istighfar membuat kita senantiasa patuh kepada Allah SWT atas setiap perintahnya, serta tergolong orang-orang yang mendapatkan petunjuk.

2. Manusia merupakan makhluk yang tidak pernah luput dari salah dan dosa, oleh sebab itulah dengan doa sayyidul istighfar ini diharapkan bisa mendatangkan ampunan Allah SWT

3. Memanjatkan doa sayyidul istighfar juga salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengharapkan hujan turun, serta membawa manfaat dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dan dapat pula memberikan manfaat lainnya.

4. Selain itu dengan mengamalkan doa sayyidul istighfar mampu mendatangkan karunia berupa harta, anak-anak, serta dalam bentuk kecukupan materi dan kebahagiaan.

BACA JUGA:Waspada, Posisi Tidur Seperti Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Kamu Jadi Keriput!

5. Dengan senantiasa beristighfar merupakan cara terbaik untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang pernah diperbuat, selain itu juga dapat menjadi jalan untuk kita masuk ke dalam surganya Allah.

6. Dengan beristighfar dapat menambah kekuatan lahir dan batin, seperti memperoleh kesehatan tubuh, kebugaran jasmani, serta mampu menghadirkan ketenangan dalam hati

7. Dapat menjadi jalan untuk datangnya kesenangan hati yang bersifat positif sesuai dengan ajaran Islam.

Kategori :