Cara Mengatur Keuangan Secara Syariah, Bikin Hidup Penuh Berkah

Sabtu 04-11-2023,02:31 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Islam adalab agama yang mengajarkan umatnya untuk mengatur keuangan dengan selalu berhemat dan membelanjakan uang secara secukuonha. Dalam agama Islam juga diajarkan supaya kita selalu menabung untuk masa depan.

Menabung merupakan menyisihkan atau menyimpan sebagian dari penghasilan yang kita peroleh untuk masa yang akan datang, untuk berjaga-jaga jika suatu saat ada keperluan yang tidak terduga.

Menabung adalah suatu kegiatan dalam mengatur keuangan yang baik dan dirahmati oleh Allah SWT. Untuk menggapai sukses sesuai agama Islam kita wajib mampu mengelola keuangan dengan baik dan benar.

BACA JUGA:Bukan Hanya Simbol Dukungan Rakyat Palestina, Ternyata Semangka Punya Banyak Manfaat untuk Kecantikan Kulit

Berikut ini merupakan beberapa hal yang wajib kamu perhatikan untuk melakukan perencanaan keuangan dengan prinsip-prinsip syariah, diantaranya:

1. Mengalokasikan dana untuk zakat, infaq, dan sedekah

Harta yang kita punya tidak akan memberikan keberkahan dan sempurna sebelum memberikannya sebagian kepada orang-orang yang lebih membutuhkan. Pengalokasian dana untuk zakat, infaq, dan sedekah ini wajib masuk dalam dana utama yang kamu alokasikan di setiap bulannya.

2. Meminimalkan utang

Dalam agama islam dianjurkan untuk tidak berutang kecuali sedang dalam keadaan darurat atau mendesak. Jadi bagi kamu yang memiliki utang, maka harus segera melunasinya.

BACA JUGA:Kasih Uang ke Pengemis Atau Gelandangan di Kota Bengkulu Bisa Didenda Rp1 Juta

3. Menyusun tujuan keuangan yang sesuai dengan ajaran Islam

Salah satu contohnya menunaikan ibadah haji, menjadi suatu kewajiban bagi umat muslim yang punya kemampuan secara finansial.

4. Menggunakan produk-produk keuangan dengan prinsip syariah

Sudah saatnya kita mulai memilih untuk menggunakan produk-produk keuangan dengan prinsip syariah contohnya seperti Tabungan Syariah, Deposito Syariah, Asuransi Syariah, Reksa Dana Syariah, dan yang lainnya.

BACA JUGA:Ini Segudang Manfaat Rebusan Daun Saga, Bisa Redakan Pilek, Batuk, Demam Hingga Obat Malaria

Kategori :