Salah Satu Penyebab Munculnya Bintik Hitam di Wajah Hanya Karena Hal Sepele Ini

Jumat 27-10-2023,10:45 WIB
Reporter : Septi Maimuna
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Jika wajah mulusmu tiba-tiba mulai muncul bintik hitam atau dark spot, sepertinya kamu harus mulai melakukan perawatan dan perlindungan kulit secara ekstra.

Karena jika sudah terlalu banyak bintik hitam di wajahmu, dikhawatirkan bisa merusak penampilan dan mengganggu rasa percaya diri kamu.

Maka dari itu, sedari kini mulailah rutin merawat kulit mu dan pastikan kenali penyebab bintik hitam yang bisa saja kamu alami.

Berikut ini beberapa penyebab munculnya bintik hitam di wajahmu dan sebisa mungkin untuk mengurangi menggunakan produk yang bisa membuat kulitmu rusak dan tetap menjaga kulit wajah dengan produk yang aman untuk wajahmu.

BACA JUGA:Jangan Khawatir, Kini Ada Cara Alami yang Gampang untuk Hilangkan Bintik Hitam di Wajah

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebihan adalah salah satu penyebab utama munculnya dark spot.

Sinar matahari merangsang produksi melanin dalam kulit sebagai mekanisme perlindungan alami, dan ini dapat mengakibatkan dark spot jika Anda terpapar sinar matahari tanpa perlindungan yang memadai.

Maka jika tak penting banget, sebaiknya kamu hindari untuk terpapar matahari dalam waktu yang lama, atau kalau perlu gunakanlah sunsreen yang benar.

2. Penuaan

Dark spot sering muncul sebagai akibat dari proses penuaan. Kulit menjadi lebih tipis dan kurang mampu melawan hiperpigmentasi seiring bertambahnya usia.

Faktor ini tak bisa dilawan, namun tak ada salahnya dengan melakukan pencegahan sebelum tanda penuaan tersebut muncul.

BACA JUGA:Arti Zodiak Capres dan Cawapres, Prabowo dan Gibran Ternyata Punya Zodiak yang Sama

3. Jerawat

Bekas jerawat yang merah atau meradang dapat meninggalkan dark spot setelah jerawat sembuh. Ini dikenal sebagai postinflamasi hiperpigmentasi.

Kategori :