Umat Muslim Wajib Tahu Perbedaan Takdir Mubram dan Takdir Muallaq

Jumat 27-10-2023,03:03 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

Contohnya kesehatan di mana apabila senang mengkonsumsi makanan yang sehat senantiasa berolahraga serta mengatur pola tidur maka kesehatan akan diperoleh sementara apabila tidak menjaga pola makan ataupun pola hidup yang tidak sehat maka kesakitanlah yang akan diperoleh. Oleh sebab itulah kesehatan ini termasuk ke dalam takdir muallaq yang bisa diusahakan oleh seorang manusia.

2. Kepandaian

Kecerdasan seseorang tergantung dari bagaimana ia berusaha untuk memperolehnya, usaha dalam hal ini adalah belajar serta perbanyak baca buku dan perluas wawasan. Usaha-usaha seperti membaca buku belajar mendengarkan orang yang lebih pandai merupakan bagian terkecil bagi seorang untuk mengusahakan kecerdasan. Usaha seseorang dalam memperoleh ilmu akan menandakan bagaimana ia berproses serta mendapatkan ilmu tersebut.

BACA JUGA:Karomah Mbah Moen, Mobilnya dapat Berjalan Tanpa Bahan Bakar

3. Kekayaan

Kekayaan merupakan takdir yang dapat diubah tentunya dengan usaha doa dan yakin kepada Allah bahwa rezeki datang darinya. Seorang manusia yang rajin dalam mencari rezeki dan menuntut rezeki Allah subhanahu wa ta'ala tentunya dengan cara yang halal, maka Allah pasti akan membayar hak-hak mereka.

Dalam kehidupan seorang manusia takdir merupakan sesuatu yang telah ditetapkan, namun takdir bukan berarti tidak bisa diubah ada beberapa takdir yang memang bisa diubah dan diusahakan seperti kesehatan, kekayaan, serta kecerdasan.

Takdir tersebut dapat diubah tentunya dengan usaha doa serta kegigihan kita dalam mengusahakan dan tidak lupa pula meminta kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Sekian tadi pembahasan yang dapat kita sampaikan lebih dan kurang terima kasih.*

Kategori :