Benarkah Makan Daging Ular Kobra Berkhasiat Bagi Kesehatan? Cek Faktanya!

Kamis 19-10-2023,12:28 WIB
Reporter : Abdul Gafur

RADARUTARA.ID - Pernahkah kalian mendengar atau menonton video di berbagai media sosial yang menyebut bahwa ada pernyataan makan daging ular kobra memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Padahal, ular kobra adalah salah satu hewan yang paling ditakuti dan mematikan bila terkena gigitannya. Apalagi mendengar kabar jika memakan daging ular kobra juga diyakini sebagai obat, pun terdengar aneh dan mengherankan.

Dilansir dari beberapa sumber, hewan melata yang satu ini memang sudah dipercaya sejak dulu bahwa sebagai obat mujarab. Konon katanya, makan daging ular kobra serta meminum darah ular dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan.

Seperti halnya di kota-kota besar di Indonesia, di Jakarta misal, ada restoran khusus menjual daging melata diantaranya olahan daging ular kobra.

Di tempat ini, daging ular kobra diolah menjadi menu andalan berupa sate ular. Hal ini disebabkan kebanyakan pengunjung yang datang untuk menyantapnya memercayainya sebagai obat meningkatkan ketangguhan pria dan mengobati penyakit kulit.

Lantaran kandungan di dalam daging ular kobra terdapat sumber protein, sehingga makan daging ular tidak berbahaya bagi kesehatan.

"Daging ular kobra banyak khasiatnya, yang terpenting cara mengolahnya harus profesional, agar daging tidak berbahaya bagi tubuh," ungkap pemilik resto, Erika.

Erika meyebutkan, ular berbisa bisa dimakan, selama dibersihkan, mengolah dan dimasak dengan benar. Maka dari itu, membersihkan daging ular kobra juga harus dengan cara yang benar.

"Karyawan kami sudah dilatih, kemudian disini tidak hanya ular saja, ada menu biawak dan daging buaya," lanjutnya.

Menurut studi The Scientific World Journal, ular bisa saja menjadi bahaya bagi tubuh, karena di dalam dagingnya ada sejenis parasit cacing pita, cacing itu memicu penyakit infeksi bagi tubuh.

Apalagi, cacing pita ini bisa menginfeksi satwa liar, terutama reptil dan amfibi.

Makanya, daging ular kobra harus diolah dengan baik, harus bersih dan dimasak dengan suhu yang baik, karena keberadaan cacing pita sangat mungkin menularkan infeksi ini kepada manusia.

Nah khusus ular kobra ada beberapa manfaat bila dikonsumsi, Berikut manfaat makan daging ular kobra: 

1. Bisa ular kobra bisa digunakan sebagai antibodi-alergi, mencegah mikroba, dan kanker. 

2. Bisa ular kobra bisa djadikan bahan pembuatan obat-obatan.

Kategori :