Manfaat Daun Bidara, Selain Usir Jin, Ternyata Bisa Obati Insomnia dan Depresi

Jumat 13-10-2023,01:06 WIB
Reporter : Sigit Haryanto

RADARUTARA.ID - Manfaat daun bidara sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, sejak dahulu daun kelor dikenal memiliki khasiat untuk mengobati santet atau mengusir jin. Tapi, daun bidara juga ternyata bisa mengobat penyakit insomnia alias susah tidur  dan depresi.

Tidak hanya takut dengan amalan tertentu saja, ternyata seluruh bentuk gangguan yang disebabkan oleh jin atau syetan. Bahkan, sebuah ilmu santet bisa diatasi dengan beberapa jenis tanaman tertentu yang sejatinya sudah digunakan sejak jaman Rasulullah. 

Hanya saja, seluruh bentuk gangguan yang disebabkan oleh jin atau syetan itu ternyata juga bisa diatasi dengan beberapa tanaman atau tumbuhan tertentu. Dan itu bukan hanya sekedar isapan jempol belaka.

Manfaat kesehatan yang bisa diambil dari daun bidara juga ternyata sangat banyak. Jadi bukan melulu hanya untuk mengatasi santet dan gangguan jin lain.

BACA JUGA:Buah Rukam, Tanaman Berduri yang Digunakan Melawan Penjajah Belanda, Begini Kisahnya

Khasiat dan manfaat daun bidara ini juga diakui oleh dunia medis. Mengingat manfaatnya yang sangat banyak. Beberapa manfaat daun bidara pada dunia medis adalah menurunkan kolesterol, menurunkan demam, mengontrol gula darah hingga dapat meredakan gangguan pada lambung, mencegah depresi dan mengobati insomnia dan depresi.

Pendakwah terkenal di Indonesia, dr Zaidul Akbar, mengatakan, cara untuk menggunakan daun bidara sebagai obat untuk mengusir jin, sihir dan sejenisnya adalah dengan memberikan doa terlebih dahulu.

"Ibu-ibu, bapak-bapak bisa ambil 7 daunnya lalu anda rukiyah daun tersebut. Anda tumbuk-tumbuk, campurkan dengan air, mandikan buat rukiyah. Atau diminum juga boleh," terangnya.

Dokter yang kerap memberi kajian tentang ilmu kesehatan menurut syariat Islam, Ia menambahkan, daun bidara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi perilaku anak-anak yang buruk.

BACA JUGA:Jangan Salah, Ini Tanaman Pembawa Rezeki, Bahkan Ada yang Bisa Menyuburkan

"Termasuk anak-anak kita yang mungkin nggak jelas perilakunya, susah diatur dan segala macam. Ada baiknya anda mandikan dengan daun bidara. Kalau kita yang gak jelas juga mandikan," imbuhnya.

Sementara, khasiat lainnya ternyata daun bidara juga bisa menyembuhkan insomnia. Caranya, keringkan daun bidara dan diseduh untuk dijadikan teh. Tapi, anda juga bisa langsung merebus beberapa daun bidara untuk dijadikan minuman seperti teh.

Rebusan daun bidara bukan hanya bisa mengatasi insomnia, tapi juga bisa mencegah depresi.

Adapun kandungan daun bidara di antaranya, flavonoid, polifenol, alkaloid siklopeptida, glikosida, minyak atsiri, saponin dammarane, mineral, vitamin, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, daun bidara memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang dapat meningkatkan efek peningkatan kesehatan.

BACA JUGA:Bukan Cuma Penangkal Pelet dan Ilmu Hitam, Ternyata Tanaman Ini Juga Terbukti Bikin Garang di Ranjang

Kategori :