Raih Ridho Allah dengan Melakukan Amalan Ringan dan Sederhana Tapi Bernilai Pahala Besar

Jumat 06-10-2023,09:03 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS Ar Rum: 23)

BACA JUGA:Gus Baha Bocorkan Amalan yang Sering Dikerjakan Para Wali, Bisa Datangkan Rezeki dan Hajat Cepat di Ijabah

3. Mendengarkan Adzan

Adzan merupakan panggilan bagi umat muslim untuk menyegerakan melaksanakan salat. Selain itu mendengarkan adzan juga bernilai pahala dan termasuk ke dalam amalan yang ringan namun berpahala besar. Dari Jabir bin Abdullah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia berdoa, "Ya Allah Tuhan panggilan yang sempurna (panggilah Tauhid) dan salat yang didirikan, berilah kepada Muhammad kemuliaan dan keutamaan dan berilah untuknya tempat yang terpuji sebagaimana yang Engkau janjikan kepadanya. 'Akan mendapatkan syafaatku kelak pada hari kiamat." (HR Bukhari)

 

4. Mengamini Imam Waktu Salat

Ketika melaksanakan salat berjamaah tentunya kita akan mengikuti setiap gerakan imam. Seperti yang tertera di dalam hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam Dari Abu Hurairah:

"Apabila imam beramin maka beraminlah pula karena barangsiapa yang aminnya sesuai dengan aminnya para malaikat maka telah dihapuskan dosanya yang telah lalu. Ibnu Syihab berkata, 'Rasulullah SAW mengucapkan Aamiin."

BACA JUGA:Ternyata Mendidik Anak Tumbuh Menjadi Generasi Hebat Ada Caranya, Ikuti Rumus 7x3 Versi Ali Bin Abi Thalib

5. Istiqamah dalam Beribadah

Melaksanakan ibadah merupakan kewajiban yang senantiasa dikerjakan oleh setiap umat Islam. Selain diperintahkan untuk mengerjakan segala ibadah kita juga dianjurkan untuk istiqomah dalam mengerjakannya.

Istiqomah merupakan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya secara berkesinambungan. Seperti yang dijelaskan dalam hadis rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

"Laksanakan amalan semampu kalian. Sesungguhnya Allah tidak bosan sampai kalian (sendiri) yang bosan. Sesungguhnya amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang kontinu (berkesinambungan) walaupun sedikit." (HR Abu Daud)

Nah demikianlah tadi beberapa amalan sunnah yang ringan dikerjakan namun memiliki nilai pahala yang besar. Istiqomah dalam mengerjakan setiap amalan merupakan hal yang patut untuk kita miliki sebagai muslim yang taat. Tidak lepas dari itu tentunya Kita juga harus mengerjakan setiap amalan wajib yang mesti didahulukan.*

Kategori :