Hafalkan! Ini 3 Pilihan Doa Ketika Sujud Terakhir dalam Shalat yang Dijamin Makbul

Selasa 03-10-2023,04:07 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Ketika salat, ada beberapa doa sujud yang harus diamalkan sebagai rukun wajib dalam salat. Selain dari bacaan sujud, umat muslim bisa mengamalkan doa ketika melakukan sujud terakhir.

Karena, ketika sujud dalam salat disebut sebagai waktu yang istijabah atau waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Ketika itu, posisi paling dekat antara manusia dengan Allah SWT. Hal ini didadari pada sabda Rasulullah SAW,

Yang Artinya: "Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu," (HR Muslim).

Ada pula sebuah hadits pendukung sebagai berikut, "Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa padanya, karena pantas untuk dikabulkan doamu (pada waktu itu)." (HR Muslim)

BACA JUGA:5 Mobil Tertua di Dunia, Ada yang Harganya Fantastis Mencapai Rp. 65 Miliar!

Syeikh Abdullah Al-Jabreen dari Fatwa Islamiyyah menyebutkan, tak ada dalil yang menganjurkan untuk memperpanjang sujud terakhir dalam salat. Tetapi dirinya berpendapat, ada kemungkinan imam melakukan hal tersebut sebagai penanda gerakan sujud terakhir dalam salat yang sesudahnya dilanjutkan dengan duduk tasyahud akhir.

Walaupun demikian, tak ada salahnya bagi umat muslim untuk melafalkan doa di sujud terakhir, mau itu doa yang menyangkut kebahagiaan ukhrawi ataupun kebahagiaan duniawi.

Contohnya berdoa untuk diberika kelulusan dalam ujian yang akan dihadapi, mendapat teman yang baik, rezeki yang halal, dan lain sebagainya, selama doa-doa tersebut berisi tentang kebaikan dan pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Pandawara Group Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai Terkotor Nomor 4 di Indonesia

Adapun 3 Pilihan Doa di Sujud Terakhir, yaitu:

1. Doa agar Wafat Husnul Khotimah

Allahumma inni as'aluka husnal khatimah

Artinya: "Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah."

 

2. Doa saat Ingin Bertaubat

Kategori :