Kamu Tahu Tidak Sejarah Awal Kemunculan Bridesmaid? Kabarnya Sudah dari Zaman Kuno Loh

Selasa 05-09-2023,10:37 WIB
Reporter : Septi Maimuna
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Selain kedua mempelai pengantin yang menjadi pusat perhatian di dalam pernikahan, keberadaan briedsmaid atau pendamping pengantin juga menjadi daya tarik sendiri.

Apalagi jika para briedsmaid tersebut benar-benar menjalankan tugas mereka sebagai pendamping atau pengiring pengantin dan bukan hanya sekedar memenuhi undangan pengantin dan berbaris rapi dengan seragam ala bridesmaid.

Karena salah satu tugas penting yang harus dilakukan oleh para bridesmaid adalah melayani sang mempelai pengantin dan sebisa mungkin ikut menyukseskan semua rangkaian pesta pernikahan yang sedang berlangsung.

Ternyata keberadaan bridesmaid ini sendiri menurut sejarah sudah ada sejak zaman kuno dan bahkan sedari zaman Romawi Kuno. Berikut sejarah singkat mengenai bridesmaid yang mungkin harus kamu ketahui.

BACA JUGA:Konsumsi 7 Butir Petai Perhari dan Kamu Akan Terkejut dengan Dampaknya untuk Kesehatanmu

Jejak keberadaan bridesmaid berasal dari Zaman Romawi Kuno, yakni pihak pengantin akan memilih 10 orang yang bertugas sebagai pengiring pengantin dan bertugas untuk melindungi calon pengantin dari bahaya maupun gangguan lainnya sebelum menuju lokasi pernikahan.

Di zaman Mesir Kuno, para pengiring pengantin malah bertugas untuk mendampingi calon pengantin perempuan agar tidak diganggu roh jahat yang mungkin saja akan mengganggu proses pernikahan.

Sementara di abad Pertengahan, ada perubahan konsep dari bridesmaid yang lebih bernuansa agamis. Para pengiring pengantin akan memakai baju yang serupa dengan pengantin, dengan tujuan menjaga pengantin yang sesungguhnya dari gangguan roh jahat.

BACA JUGA:Butuh Info Formasi CPNS Kemenkumham 2023? Cek Disini, Sudah Lengkap dengan Jadwalnya

Namun keberadaan bridesmaid mulai mengalami pergeseran makna sejak abad 20, dari yang sebelumnya bertugas untuk menjaga pengantin dari marabahaya berubah menjadi pendamping pengantin untuk kesuksesan prosesi pernikahan.

Sementara di zaman modren saat ini, keberadaan bridesmaid menjadi salah satu bagian yang dianggap penting, karena bisa menjadi tempat calon pengantin untuk bercerita dan membantu perencanaan pernikahan impian mereka. 

Bridesmaid sendiri terdiri dari orang-orang terdekat yang dipilih langsung oleh pengantin, baik sahabat maupun mungkin keluarga yang dianggap bisa membantu pengantin menyukseskan prosesi pernikahan mereka nantinya.

Namun yang jelas, jika sampai kamu terpilih sebagai bridesmaid, sebaiknya kamu juga harus bersiap-siap dan pastikan prosesi pernikahan sahabatmu sukses dan berkesan dengan kehadiranmu sebagai seorang bridesmaid.*

Kategori :