Bantu Sempurnakan Ibadah, Ini 6 Amalan yang Dianjurkan Pada 10 Muharram

Jumat 28-07-2023,03:30 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

4. Perkuat Silaturahmi

Menurut hadits shahih riwayat Muslim nomor 2560, dikatakan Rasulullah SAW bersabda, tak halal jika mendiamkan saudara lebih dari tiga malam. Hal terbaik yang bisa dilakukan yakni mempererat silaturahmi.

Apabila di waktu lalu kamu mempunyai masalah dengan seseorang, kemudian membuat hubungan menjadi renggang sehingga tak ada komunikasi yang terjalin kembali. Maka di hari Asyura bisa dijadikan sebagi momen terbaik untuk dapat memperbaiki hubungan tersebut.

BACA JUGA:Khasiat Air 7 Sumur di Pantai Karang Hawu, Disebut Mampu Sembuhkan Penyakit, Membawa berkah dan Keberuntungan

5. Introspeksi Diri

Jangan lewatkan amalan 10 Muharram untuk introspeksi diri. Setiap manusia pasti membutuhkan waktu untuk melakukan hal yang satu ini, untuk melihat apa saja yang telah dilakukan selama ini dan hal baik dan buruk apa yang pernah terjadi.

Melalui introspeksi di waktu yang tepat, bisa membantu seseorang menjadi lebih mengenal dirinya hingga membuatnya menjadi semakin dekat dengan sang pencipta. Umumnya, manusia memang diciptakan untuk mengabdi kepada Allah SWT.

 

6. Menahan Emosi

Sama sepeti di bulan Ramadhan, saat umat muslim menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan emosi supaya pahala yang diharapkan bisa diperolwh selama sebulan penuh.

Salah satu amalan pada 10 Muharram yang juga bisa dilaksanakan yakni, menahan emosi supaya pahala seharian berpuasa Asyura yang diamalkan bisa benar-benar diperoleh.

Apabila seseorang bisa lebih bersabar dan tak marah di hari tersebut, tentu ganjarannya yang didapatkan akan sangat mulia. Yakni Allah SWT akan membuat dirinya menjadi salah satu bagian dari umat yang paling diridhoi.*

Kategori :