7 Tradisi Unik di Indonesia, Ada yang Masih Dilestarikan Sampai Kini

Minggu 11-06-2023,19:42 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Negara Indonesia adalh negara kepulauan yang kaya akan suku, etnis, serta kepercayaan. Dari sabang sampai Marauke, Indonesia mempunyai beragam tradisi yang masih dijaga hingga saat ini.

Tak hanya itu, banyak daerah mempunyai tradisi-tradisi yang unik. Tradisi dan adat istiadat memang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Di bawah ini beberapa tradisi unik yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:9 Suku Tertua di Indonesia, Ternyata Ada Suku Jawa Juga

BACA JUGA:Selain Kampung Janda, Ada Kampung Kasur Pasir di Jatim, Tidur hingga Makan di Atas Pasir

1. Tradisi Bakar Batu dari Papua

Tradisi bakar batu ini adalah salah satu ritual yang dikatakan unik di Papua. Pada umumnya, tradisi bakar batu dilakukan oleh suku pedalaman Papua dengan nama yang berbeda-beda.

Tradisi ini memasak dengan menggunakan batu yang sangat panas. Sebagian suku yang masih menerapkan tradisi bakar batu diantaranya Lembah Baliem, Paniai, Nabire, Pegunungan Tengah, Pegunungan Bintang, Jayawijaya, dan lain suku lainnya.

Batu-batu ini kemudian dibakar hingga panas sampai berubah warna menjadi merah membara. Selama proses menunggu batu panas, warga disana menggali lubang yang dalam dan memberi daun pisang sebagai alang-alang di dasarnya.

Batu panas tadi nantinya akan diletakkan di dasar lubang, kemudian di atas batu itu ditumpuk dengan daun pisang dan diletakkan daging babi.

Tradisi bakar batu ini adalah wujud syukur, bersilaturahmi antar saudara dan kerabat, serta menyambut kebahagiaan contohnya seperti perkawinan, kelahiran, penobatan, sampai menyambut tamu.

BACA JUGA:Link Dana Kaget 11 Juni, Ada Uang Bensin Gratis Rp95 Ribu, Buruan Klaim Sebelum Hangus

BACA JUGA:Kelebihan dan Kekurangan King Infinix Note 30 Pro, Hp Spek Dewa yang Sedang Mengguncang Pasar Gadget

2. Balimau Kasai dari Riau

Tradisi unik yang kedua yaitu balimau kasai dari Riau. Tradisi unik ini biasa diterapkan menjelang bulan Ramadhan. Balimau yang memiliki arti mandi dengan menggunakan air yang dicampur dengan jeruk khusus seperti jeruk purut, jeruk nipis, dan jeruk kapas.

Kategori :