9 Suku Tertua di Indonesia, Benarkah Ada Suku Jawa

Minggu 11-06-2023,19:29 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

Suku Dani merupakan suku asli yang ada di Provinsi Papua, mereka menempati lembah Baliem, Pegunungan Tengah, Jayawijaya, serta beberapa daerah Puncak Jaya. Suku Dani ini mempercayai bahwa mereka berasal dari sepasang suami istri yang tinggal di danau pada sebuah desa yang bernama Maina di daerah lembah Baliem.

BACA JUGA:Selain Kampung Janda, Ada Kampung Kasur Pasir di Jatim, Tidur hingga Makan di Atas Pasir

BACA JUGA:Tetua Adat Suku Baduy Minta Sinyal Internet Dihilangkan, Bagaimana Tanggapan Pemerintah?

6. Suku Jawa

Suku Jawa merupakan suku mayoritas dengan total jumlah penduduk 40,45 % dari seluruh total jumlah penduduk di Indonesia. Menurut peneliti arkeolog, Suku Jawa juga termasuk suku tertua dan pribumi.

7. Suku Melayu

Suku Melayu menetapi di pulau Sumatera dan sekitarnya. Suku ini juga menjadi salah satu suku terbesar di Tanah Air. Suku Melayu sendiri dibedakan menjadi dua golongan, diantaranya Golongan Melayu Muda dan Melayu Deutro. Golongan suku ini telah diperkirakan datang ke Sumatera sekitar 500 tahun SM.

BACA JUGA:Jomblo Perlu Tahu, 7 Kota Penghasil Janda Muda Cantik di Indonesia

8. Suku Dayak

Suku Dayak adalah penduduk asli Kalimantan. Ada sebagian ahli menyampaikan, suku Dayak merupakan suku asli terbesar dan tertua yang menempati Pulau Kalimantan.

Hal ini berdasarkan teori migrasi penduduk, yang dimana nenek moyang dari suku Dayak diprediksi berasal dari beberapa gelombang migrasi.

BACA JUGA:Ketahui 6 Fakta Unik Suku Mante, Suku Pedalaman Aceh yang Keberadaannya Masih Misterius

BACA JUGA:Hanya 15 Menit, Uang Rp25 Juta Langsung Cair, Buka Aplikasi Ini

9. Suku Tomuna

Suku terakhir yaitu Suku Tomuna adalah suku bangsa yang mendiami pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Suku ini diyakink termasuk ke dalam suku bangsa yang pertama kali datang ke Indonesia.

Diprediksi nenek moyang suku ini berasal dari benua Afrika lalu bermigrasi sekitar 50.000 tahun silam.

Kategori :