9 Suku Tertua di Indonesia, Benarkah Ada Suku Jawa

Minggu 11-06-2023,19:29 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID - Berbicara tentang keberagaman dan keunikan Indonesia memang tak ada habisnya. Negara Indonesia mempunyai banyak pulau, selain itu juga ada suku asli yang mendiami wilayah masing-masing.

Artikel kali ini akan membahas 9 suku tertua di Indonesia. Penasaran? Simak dibawah ini ya.

1. Suku Wajak

Yang pertama ada suku Wajak, mereka datang dan menghuni desa Wajak yang berada di Tulungagung, Jawa Timur sekitar 500 ribu hingga 1 juta tahun silam.

Suku ini merupakan suku pertama yang mendatangi Indonesia dan disebut sebagai suku tertua di Indonesia. Gagasan tersebut terjadi berdasarkan hasil penemuan fosil manusia purba dari suku ini.

BACA JUGA:Mengenal Kampung Janda di Gunung Kidul, Dihuni 23 KK Janda

BACA JUGA:Link DANA Kaget Hingga Rp650 Ribu Per Bulan Lewat Aplikasi Ini Jika Beruntung, Bisa Buat Angsuran Kredit Motor

2. Suku Kerinci

Suku kerinci ini menempati pulau Sumatera terutama di wilayah dataran tinggi Jambi. Asal-usul suku ini pun dikenal sebagai Melayu Tua yang bermigrasi sekitar 400 sebelum masehi, dan melebur menjadi Suku Kerinci di Indonesia.

3. Suku Gayo

Ketiga, Suku Gayo tinggal di dataran tinggi Gayo yang berada di wilayah tengah Provinsi Aceh. Suku Gayo ini diprediksi berasal dari India dan mulai datang ke Tanoh Gayo sekitar 2000 tahun sebelum Masehi.

BACA JUGA:Pria Siap-siap, Ini 5 Kode dari Janda Saat Mereka Jatuh Cinta, Nomor 1 Bikin Deg-degan

4. Suku Mentawai

Suku Mentawai menempati pulau Mentawai di barat pulau Sumatera, Kabupaten Mentawai yang termasuk wilayah Provinsi Sumatera Barat. Menueut para peneliti, nenek moyang suku mentawai telah mendiami kepulauan di barat Sumatera sejak 500 SM.

5. Suku Dani

Kategori :