Fungsi Ekonomi Pasar Modal untuk Pendanaan Jangka Panjang

Jumat 02-06-2023,08:11 WIB
Reporter : Lia Junita
Editor : Septi Maimuna

RADARUTARA.ID- Saat ini banyak orang yang sudah mulai melek dengan kemajuan zaman, salah satunya terkait dengan sistem pendanaan yang semakin berkembang secara pesat.

Salah satunya industri pasar modal, yang kian digandrungi oleh banyak orang, karena sekali terlibat dalam industri ini, sulit untuk melepaskan diri karena memang perputaran yang teramat cepat. 

Pasar modal merupakan sistem untuk mempertemukan pihak-pihak yang memerlukan dana jangka panjang dengan pihak yang memiliki dana.

Pasar modal memiliki fungsi ekonomi, yaitu mempertemukan issuer dengan pemodal atau investor. Selain itu juga memiliki finansial, yakni memberikan return bagi pemilik dana sesuai dana sesuai dengan instrumen yang dipilih.

BACA JUGA:Homestay jadi Bisnis Property yang Menarik dan Memuaskan, Berikut Tips Memulai Usaha di Bidang Ini

BACA JUGA:Wow!!! Warga Bengkulu Ini Modifikasi Mobil Bensin Jadi Berbahan Bakar Elpiji

Berikut adalah beberapa fungsi ekonomi pasar modal yang berhasil radarutara.id rangkum.

1. Pemobilisasi Dana

Pasar modal memungkinkan perusahaan untuk memperoleh dana dari investor dengan menjual saham atau obligasi.

Melalui mekanisme ini, pasar modal membantu perusahaan untuk memperoleh modal jangka panjang yang diperlukan untuk ekspansi, investasi dalam proyek baru, penelitian dan pengembangan, dan kegiatan bisnis lainnya.

Dengan demikian, pasar modal berperan dalam memobilisasi dana dari investor dan mengalirkannya ke sektor ekonomi yang membutuhkan modal.

 

2. Alokasi Sumber Daya

Pasar modal membantu dalam alokasi efisien sumber daya ekonomi. Investor dapat memilih untuk mengalokasikan dana mereka ke perusahaan atau sektor bisnis yang dianggap memiliki potensi pertumbuhan yang baik.

Ini menciptakan mekanisme pasar yang membantu mengalokasikan dana ke tempat yang paling produktif dan efisien, sehingga meningkatkan efisiensi perekonomian secara keseluruhan.

Kategori :