Catat! Ini 7 Keuntungan Nikah Siri Dibanding Nikah Resmi yang Wajib Kamu Ketahui

Sabtu 06-05-2023,13:20 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi

 

2. Proses Pernikahan yang Singkat 

Pernikahan siri biasanya dilakukan dengan hanya ijab qabul saja. Tidak ada syukuran atau walimah yang meriah dan menyita waktu. Kalau pun ada, syukuran hanya dilakukan sebatas sanak saudara. Tidak ada undangan dalam jumlah besar, tidak ada tamu yang menyita waktu.

Dengan hanya ijab qabul saja, proses pernikahan akan berjalan dengan lebih cepat dan singkat. Kalian tidak harus melakukan perayaan yang menguras waktu dan tenaga.

Dengan keuntungan ini, kalian bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk pasangan. Selain itu, keuntungan ini juga memungkinkan kalian untuk bisa menikmati momen-momen awal pernikahan dengan lebih leluasa.

 

3. Tidak Dihadapkan Proses Registrasi yang Sulit 

Jika kalian melakukan pernikahan reguler, kalian harus mendaftarkan pernikahan kalian di Kantor Urusan Agama. Dan seperti yang kalian tahu, proses birokrasi di Indonesia sulit, merepotkan dan menyita waktu juga tenaga.

Tapi itu tidak akan kalian rasakan kalau melakukan pernikahan siri. Sebab, seperti yang kalian tahu, pernikahan siri tidak melibatkan KUA. Ini hanya pernikahan yang melibatkan penghulu, mempelai dan keluarga sebagai saksi. Tidak lebih.

Dengan keuntungan seperti itu, proses pernikahan bisa dilakukan dengan lebih instan. Bukan instan dalam artian sebenarnya, tapi instan yang dimaksud di sini adalah proses yang lebih cepat dan tidak merepotkan, sebab proses yang dilakukan tidak melibatkan birokrasi yang rumit dan menyita waktu.

BACA JUGA:Sehun EXO Main di Drakor All That We Loved, Perang Visual Antar Pemain

4. Tidak Diatur Hukum Negara 

Pernikahan siri adalah pernikahan di luar hukum negara. Maksudnya, pernikahan ini tidak akan membuat kalian memenuhi persyaratan yang dibebankan untuk setiap calon pengantin. Pun dengan aturan pernikahan.

Sebagai contoh. Di aturan negara, ada batas minimum mempelai. Calon mempelai paling tidak berusaha lebih dari 17 tahun. Peraturan tersebut bisa kalian langgar bila melakukan pernikahan siri. Dengan demikian, kalian bisa melakukan pernikahan walau belum berusia 17 tahun.

 

5. Proses Talak yang Fleksibel

Kategori :