10 Tips Ampuh Cara Mengupas Bawang Tanpa Pake Drama Menangis

Selasa 25-04-2023,12:57 WIB
Reporter : Lia Junita

RADARUTARA.ID - Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak yang paling banyak digunakan untuk memasak. Akan tetapi, banyak orang yang enggan mengupas atau mengirisnya, hal ini dikarenakan bawang merah bisa membuat seseorang mengeluarkan air mata tanpa alasan.

Saat menangis ketika memotong bawang, air mata tidak benar-benar berasal dari mata kita. Air mata sebenarnya berasal dari kelenjar kecil yang terletak di sudut-sudut mata. kelenjar air mata memproduksi air mata saat merasa terganggu.

Bawang mengandung bahan kimia yang tidak stabil yang dikenal sebagai syn-propanethial-S-oksida. Ketika bawang dipotong, bahan kimia ini dilepaskan ke udara. Inilah yang membuat kelenjar air mata iritasi dan menyebabkan mata menangis.

BACA JUGA:Dini Hari Gempa 6.9 Magnitudo Guncang Mentawai Sumatera Barat

Pada artikel kali ini, radarutara.id akan memberikan beberapa tips supaya kamu tidak menangis ketika mengupas atau mengiris  bawang. Yuk simak.

1. Dinginkan bawang merah sebelum dipotong

Masukkan bawang merah ke dalam lemari es selama beberapa saat sebelum dikupas. Proses pendinginan ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang terpotong.

 

2. Rendam dalam air es

Rendam bawang utuh yang sudah dikupas ke dalam air es. Diamkan beberapa saat, kemudian ambil bawang dari air es, tiriskan  kemudian iris seperti biasa.

 

3. Gunakan pisau yang tajam.

Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong adalah pisau yang tajam. Pisau tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat Anda menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang akan membuat mata kamu peri

 

4. Gigitlah korek api untuk cegah air mata mengalir.

Kategori :