Kamu Harus Waspada Modus Skimming ATM Selama Lebaran

Minggu 23-04-2023,08:52 WIB
Reporter : Fauziah Rahimi

Untuk itu ia lebih menyarankan transaksi yang cardless alias tanpa menggunakan kartu atau cardless. Selain itu juga pisahkan rekening utama dan rekening yang digunakan untuk transaksi.

Ia menyebut bahwa korban skimming bisa datang dari nasabah bank mana saja.

 

Ciri-ciri Adanya Skimming

Pengguna ATM patut mencurigai kondisi mesin ATM mulai dari slot kartu yang goyang, kartu macet saat digunakan, bahkan ketika tombol ATM terasa longgar digunakan.

Cara mewaspadai modus skimming ini di antaranya adalah mengecek dengan saksama sekitar mesin ATM. Ini termasuk mengecek alat yang mungkin saja menghalangi keypad ATM, serta bagian atas keypad, tempat pengguna ATM memasukkan PIN. Pasalnya pelaku bisa saja menaruh spycamera di sudut tersebut.

Pengguna juga harus memastikan kartu ATM telah menggunakan chip. Ini sangat disarankan bagi pengguna yang belum melakukan upgrade kartu ATM dengan chip.

 

Kini Bank Indonesia (BI) telah memerintahkan bank yang ada di seluruh Indonesia agar mengganti teknologi magnetic stripe menjadi chip, baik kartu ATM atau kartu debit. Tentu ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan bertransaksi.

Selanjutnya mengecek slot kartu. Pelaku kejahatan skimming dapat mencuri data dengan memasang skimmer pada slot kartu ATM. Jika kamu menyadari keanehan, kejanggalan, saat menggunakannya, ada baiknya kamu mencari ATM terdekat yang lain untuk mencegah modus ini.

Berikutnya menghindari transaksi ATM dengan melakukan transaksi cardless. Di era digital ini, banyak layanan yang ditawarkan bank dalam memudahkan urusan pengguna. Jadi sangat membantu penarikan uang tunai tanpa kartu.

BACA JUGA:Jangan Lewatkan, Besok Kapolsek Grass Track Open Unit 7 Bengkulu Utara Digelar

Pengguna cukup menggunakan ponsel dan mengunduh aplikasi mobile banking agar terhubung dengan mesin ATM saat ingin bertransaksi seperti kirim uang, transfer, hingga membayar melalui scan QR code.

Setelah itu semua dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian, ingatlah untuk senantiasa menutup PIN saat bertransaksi dengan tangan. Berhati-hati menerima bantuan orang asing di ATM.

Mengganti secara berkala PIN ATM. Serta mengecek saldo di mobile banking sesaat setelah mengambil uang tunai di ATM untuk memastikan saldo rekeningmu aman. *

Kategori :