5 Tempat Terpanas di Dunia, Bisakah Manusia Tinggal Disana?

Rabu 12-04-2023,10:06 WIB
Reporter : Rendi Bintara Yudha

RADARUTARA.ID- Beberapa tempat yang ada di dunia ini memang memiliki cuaca yang sangat ekstrim, sebab suhunya yang sangat berbeda dengan tempat-tempat lainya.

Jika sebelumnya kita membahas beberapa tempat terdingin di dunia yang memiliki sunu sampai -0° sehingga manusia tidak mungkin bisa bertempat tinggal disana, karena dikhawatirkan bisa terkena hipotermia. Walau kadang memang ada yang memilih tinggal, namun memang fisiknya cukup kuat.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tempat-tempat yang mendapatkan julukan kota terpanas di dunia, tentunya saking panasnya orang biasa pasti seakan merasakan kulitnya terbakar oleh terik sinar matahari. 

BACA JUGA:Apakah Kamu Tahu, ini Loh 5 Tempat Terdingin di Dunia yang Bisa Kamu Kunjungi

Berikut 5 kota terpanas yang berhasil dirangkum oleh tim  RadarUtara.Id untuk kamu. 

1.Dasht-e Lut, Iran


Dasht-e Lut, Iran--

Dasht-e Lut adalah nama sebuah daratan di Iran yang menjadi tempat terpanas di bumi. Suhu tertinggi di sana mencapai 70,7 derajat Celcius yang terjadi dalam rentang waktu 2003-2009. Dengan suhu setinggi itu, mustahil ada manusia yang bisa tinggal dan bertahan hidup di sana.

Batuan hitam di Gurun Lut cenderung menjadi yang terpanas, dengan panas yang terperangkap oleh pegunungannya.

Karena suhu tinggi daerah tersebut, sangat jarang kehidupan di daerah itu, sehingga dikenal sebagai "Dataran Kekosongan".

Para peneliti percaya bahwa suhu gurun yang sebenarnya bisa sepuluh derajat lebih panas daripada yang dicatat sebelumnya oleh perangkat lunak satelit NASA.

 

2. Aziziyah, Libya

Aziziya memiliki iklim yang panas dan semi-kering. Kota ini telah lama memegang rekor kota dengan suhu tertinggi yang pernah diukur di Bumi. Pada tahun 1992, suhu tertinggi di Aziziyah mencapai 58,0 derajat Celcius.

Di tahun 1992, kabarnya suhu di kota Aziziyah pernah mencapai 58 derajat Celsius.

Namun, rekor ini dicabut pada tahun 2012 setelah seorang ahli meteorologi menyatakan data tersebut tidak valid.

Menurutnya, orang yang mengukurnya pada kala itu tidak berpengalaman.

Terlepas dari hal ini, suhu di Aziziyah secara teratur menembus angka 48 derajat Celsius pada musim panas.

Selain itu, di daerah ini kerap terjadi fenomena Ghibli atau badai pasir yang dapat menaikkan suhu hingga 20 derajat Celsius dalam sekejap.

BACA JUGA:Gak Perlu Ribet, Cara ini Dijamin Bisa Langsung Hasilkan Dana Rp200 Ribu Perhari

3. Turbat, Pakistan

Turbat adalah kota yang terletak di Balochistan selatan, Pakistan. Daerah tersebut tercatat pernah mengalami suhu tertinggi pada 28 Mei 2017, yakni mencapai 53,7 derajat Celcius.

 

Kategori :