Yuk Kenali Siklus Tumbuhnya Rambut, Ternyata Tidak Selamanya Tumbuh Loh!

Rabu 21-12-2022,13:15 WIB
Reporter : Reka Desrina
Editor : Reka Desrina

RADARUTARA.ID - Rambut sering diistilahkan sebagai mahkota, karenanya sangat wajar jika laki-laki atau perempuan melakukan perawatan mahal demi memperoleh rambut yang sehat dan indah mulai dari perawatan rutin dengan memakai shampo, conditioner dan masker rambut. Ada beberapa orang yang membiarkan rambutnya sampai bertahun-tahun lamanya dan ada juga yang lebih menyukai rambut pendek dan simple. Tapi tahukah kamu bahwa rambut manusia memiliki siklusnya sendiri mulai dari tumbuh, istirahat, rontok dan tumbuh kembali. 

Guinnes World Record mencatat Asha Mandela (60) sebagai orang yang memiliki rambut terpanjang yaitu 33,5 meter. Wanita asal Florida ini membutuhkan waktu selama 40 tahun untuk memanjangkan rambutnya.

Hal ini tentunya juga menjadi tanda tanya bagi sebahagian orang, apakah rambut yang dibiarkan terus-menerus tanpa dipotong akan selalu bertambah panjang sehingga orang bisa menginjak rambutnya sendiri atau bahkan rambutnya akan lebih panjang lagi. 

Pertumbuhan rata-rata rambut dalam satu bulan ialah 1,2 cm atau sekitar 14,4 cm per tahun nya. Mungkin ada sebagian orang yang berfikir bahwa jika tidak memotong rambut selama 20 tahun maka panjang rambut bisa mencapai 288 cm atau hampir setara 3 meter. Tentu saja ini melampaui tinggi badan seseorang, lalu bagaimana jika tidak memotong rambut hingga 30, 40 bahkan 50 tahun lamanya, apakah rambut akan semakin panjang berkali-kali lipat?.

Faktanya hal tersebut tidak benar. Rambut yang berada di kepala manusia memiliki sebuah siklus mulai dari tumbuh hingga tumbuh kembali. Secara umum, setiap orang memiliki sekitar 100.000 sampai 150.000 rambut kepala.

Nah, setiap rambut yang ada di kepala itu berada dalam siklus yang berbeda-beda. Ketika seseorang mengalami kerontokan hingga 50 sampai 100 helai per hari, berarti rambut itu tengah berada di siklus rontok dan akan mengalami siklus tumbuh kembali dan begitulah seterusnya.

Sebelum rontok waktu terlama rambut berada di kepala adalah 6 sampai 7 tahun. Jadi, walaupun seseorang tidak pernah memotong rambutnya, setiap helai rambut hanya akan tumbuh paling panjang selama 6 sampai 7 tahun dan ini lah yang disebut dengan siklus istirahat rambut. Setelah itu, rambut tadi akan rontok dan akan mulai tumbuh rambut baru lagi sebagai rambut pendek. *

Kategori :