Rusak 10 Tahun, Pemdes Lubuk Banyau Usul Pembangunan Jalan Provinsi di Musrenbangdes

Kamis 15-12-2022,22:04 WIB
Reporter : Abdul Gafur

PADANG JAYA RU.ID - Akses infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Bengkulu di Desa Lubuk Banyau, Kecamatan Padang Jaya yang menghubungkan Kecamatan Batiknau menjadi keluhan masyarakat. Hal ini tergambar dalam aspirasi masyarakat saat Pemdes Lubuk Banyau menjaring aspirasi melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun 2024 mendatang, di Kantor Desa pada Selasa (13/12/2022).

Kepala Desa Lubuk Banyau, Ahoriyanto mengatakan, ada beberapa poin usulan yang diharapkan oleh masyarakat agar bisa direalisasikan oleh pemerintah, diantaranya infrastruktur jalan, peningkatan ekonomi dan bidang sosial budaya.

"Ada 11 usulan yang diprioritaskan untuk diperjuangkan melalui Musrenbangdes, mulai dari APBD Kabupaten dan Provinsi Bengkulu," jelasnya.


Tampak salah satu warga Desa Lubuk Banyau saat memberikan usulan--

Sementara Camat Padang Jaya, Maman Suherman, S.STP, mengapresiasi masyarakat yang ikut mendukung serta mengikuti Musrenbangdes yang diselenggarakan oleh Pemdes Lubuk Banyau. 

Kegiatan ini, kata camat merupakan dasar dari perencanaan yang dialokasikan melalui dana APBD maupun APBN, jadi program pembangunan yang sudah direncanakan yang tidak tercover oleh Dana Desa. Untuk itu pentingnya program pembangunan yang diajukan melalui musyawarah di Desa Lubuk Banyau.


Camat Padang Jaya, Maman Suherman dan Kepala Desa Lubuk Banyau, Ahoriyanto--

"Bagaimana kita menjalin komunikasi dengan usulan program kemudian disusul dengan proposal. Harapannya, pemdes dapat mengajukan proposal pembangunan sebanyak mungkin, karena percuma saja kita merumuskan perencanaan pembangunan  bersama masyarakat namun tidak ada mengajukan proposal untuk mendapatkan kue pembangunan dari  pemerintah," terangnya.

Di kesempatan itu, Camat menyampaikan kepada masyarakat yang dipimpin oleh BPD untuk melakukan musyawarah sesuai kebutuhan masyarakat.

"Silakan rencanakan dan prioritaskan usulan sesuai kebutuhan masyarakat" pungkasnya. (adv)

Hasil Musrenbangdes Desa Lubuk Banyau TA 2024:

A. Infrastruktur

- Peningkatan Jalan Hotmix Desa Lubuk Banyau - Batiknau

- Pembangunan Jalan Lapen Dusun 1 - Sido Mukti

- Pembangunan Drainase Lingkungan Desa

Kategori :