Jemaah Turun di Masjid Agung, Koper Ditimbang

Rabu 20-07-2022,08:55 WIB

ARGA MAKMUR RU.ID - Setelah hampir 40 hari, jemaah haji Kabupaten Bengkulu Utara (BU) melaksanakan prosesi ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dan secara resmi telah menyandang gelar haji maupun haja. Selanjutnya, ke-92 orang jemaah haji asal Kabupaten BU yang tergabung dalam kloter-7, dijadwalkan akan kembali pada tanggal 22 Juli mendatang atau dihari Jumat. 

Adapun rute dari rombongan jemaah haji sendiri dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Minang Kabau (BIM) Padang pada pukul 08.45 WIB, jemaah akan langsung istirahat di ruang BIM sembari menunggu jadwal keberangkatan menuju Bandara Fatmawati Bengkulu. Rombongan akan berangkat pada pukul 13.40 WIB dan diperkirakan tiba pada pukul 14.10 WIB di Bandara Fatmawati Bengkulu, selanjutnya di pukul 16.30 WIB akan langsung menuju ke Kabupaten Bengkulu Utara setelah sebelumnya dilakukan proses pelepasan oleh Pemprov. 

"Yah, rundown kegiatan pemulangan jemaah haji provinsi Bengkulu telah kita terima dan persiapan juga telah kita laksanakan," jelas Kakan Kemenag BU, Drs H Ajamalus, MH.

Selanjutnya, pihaknya juga telah melaksanakan rapat terkait rencana penyambutan jemaah haji asal Kabupaten BU, bersama Bidang Kesra Setdakab BU, pihak Kepolisian dan juga jajaran Pemkab BU guna memastikan semua jemaah bisa kembali dengan selamat. 

"Kita juga telah melaksanakan rapat persiapan kemarin dan Insya Allah bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang telah disusun," imbuhnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setdakab BU, Kadino menambahkan, acara penerimaan rombongan haji akan dipusatkan di Masjid Agung Arga Makmur, karena diperkirakan rombongan akan tiba pada pukul 17.45 WIB. Dan akan langsung melaksanakan rangkaian shalat Maghrib berjamaah serta dilanjutkan prosesi penyerahan ke keluarga masing-masing di lokasi yang sama. 

"Kita pusatkan di Masjid Agung, karena pertimbangan wilayah yang lebih luas dan semua jemaah bisa langsung melaksanakan rangkaian ibadah di lokasi," jelasnya. 

Sejauh ini, semua jemaah dipastikan dalam keadaan sehat dan tetap kembali secara utuh yakni 92 orang jemaah. Selanjutnya dirinya juga meminta pihak keluarga yang nantinya akan melakukan penjemputan untuk sedikit lebih bersabar dan tetap menjaga ketertiban, agar rangkaian kegiatan bisa berjalan dengan baik. 

"Kita patur bersyukur semua jemaah dalam keadaan sehat semua dan dipastikan bisa segera berkumpul dengan pihak keluarga yang memang telah menunggu di tanah air," tandas Kabag Kesra. 

 

Penimbangan Koper

BERDASARKAN laporan dari Ketua Kloter 7 Padang jemaah haji, tepat ditanggal 19 Juli 2022 pukul 11 siang waktu Saudi Arabia, rombongan jemaah tengah melakukan penimbangan koper bawaan yang akan dibawa pulang ke tanah air. Dimana para jemaah hanya diberikan jatah barang bawaan maksimal 32 kilogram dan dilarang membawa barang yang dilarang oleh pemerintah setempat, seperti air zam-zam. 

"Iya semua jemaah tengah melakukan penimbangan barang bawaan masing-masing," jelas Kakan Kemenag BU, Drs H Ajamalus, MH kepada awak media ini. 

Selanjutnya jemaah akan bersiap untuk melakukan pemberangkatan menuju ke tanah air, sesuai dengan jadwal yang ada dan akan kembali bertemu dengan keluarga masing-masing. 

"Yah setelah penimbangan ini, jemaah akan langsung bersiap untuk melakukan pemberangkatan ke tanah air," tandasnya. (mae)

Tags :
Kategori :

Terkait