Era Digital, DPK Provinsi Bengkulu Pelopori Penerapan SPBE

Jumat 17-06-2022,16:59 WIB

BENGKULU RU.ID - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu siap memelopori penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Bumi Raflessia. Kesiapan ini tidak lepas dari langkah pemerintah pusat melalui Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang telah mengembangkan aplikasi e-office Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, dengan adanya aplikasi SRIKANDI ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan.

"Terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada SPBE," ungkap Meri Sasdi disela Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi SRIKANDI di lingkungan Pemprov Bengkulu, Jum'at (17/6).

Makanya, lanjut Meri Sasdi, dalam Bimtek kali ini para pesertanya merupakan admin pada masing-masing OPD di lingkungan Pemprov. Dengan harapan kedepan dapat tercipta kearsipan berbasis digital pada setiap OPD menjadi lebih baik.

"Ketika ini diterapkan, secara otomatis arsip terjaga tetap autentik, utuh dan terpercaya," kata Meri Sasdi.

Disisi lain, Meri Sasdi menyampaikan, penggunaan aplikasi SRIKANDI ini juga sesuai dengan tuntutan dan kemajuan zaman. Apalagi pemerintah dituntut meningkatkan proses birokrasi yang bersih.

"Aplikasi ini juga diyakini dapat menghemat waktu dan anggaran. Karena semuanya menggunakan sistem elektronik, termasuk tanda tangan," tegasnya.

Ia menambahkan, pihaknya tentu siap menjadi pelopor dalam penerapan aplikasi SRIKANDI, yang nantinya dapat diikuti OPD lain dilingkungan Pemprov. Makanya Ia berharap peserta yang nantinya menjadi admin di OPD-nya masing-masing dapat mengikuti Bimtek dengan serius.

"Nantinya penerapan aplikasi ini juga kita dorong di tingkat kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu," ujar Meri Sasdi.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Arsip DPK Provinsi Bengkulu, Ibrahim Daud menyampaikan, Bimtek secara virtual ini langsung diberikan pihak ANRI. Karena pihaknya dituntut mempercepat pengelolaan arsip secara digital.

"Target kita tahun depan masing-masing OPD di lingkungan Pemprov sudah dapat menerapkan pengelolaan arsip dengan aplikasi SRIKANDI ini," singkat Ibrahim. (tux/prw)

Tags :
Kategori :

Terkait