Didampingi Kadis TPHP, Kades Karya Jaya Jemput Program ke Kementan RI, Ini yang Diusulkan

Didampingi Kadis TPHP, Kades Karya Jaya Jemput Program ke Kementan RI, Ini yang Diusulkan

Kadis TPHP Bengkulu Utara dan Kades Karya Jaya saat bertemu dengan Dirjen Pertanian dan Tanaman Pangan Kementan RI--

BENGKULU UTARA, RADARUTARA.ID- Upaya percepatan dalam rangka mendorong pembangunan di sektor pertanian di desanya terus dilakukan oleh kepala desa (Kades) Karya Jaya, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Kabupaten Bengkulu Utara, Waskito.

Teranyar, Kades Karya Jaya, Waskito, dengan didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Bengkulu Utara, Abdul Hadi, S.Pt, telah mendatangi langsung Kementerian Pertanian (Kementan) RI guna menjemput sejumlah program strategis nasional.

Kades Karya Jaya, Waskito, menerangkan, bahwa kedatangannya ke Kementan RI, itu merupakan tindak lanjut dari sinyal positif yang sebelumnya diberikan oleh Kementan RI melalui Dirjen Pertanian dan Tanaman Pangan yang sebelumnya sempat berkunjung ke desanya dan berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan sektor pertanian di Desa Karya Jaya.

"Momentum ini langsung kita manfaatkan untuk menjemput beberapa program strategis yang ada di Kementan RI untuk meningkatkan produksi petani padi di desa kita," ujar Kades, Minggu (6/10).

Adapun, kata Kades, beberapa program strategis yang sempat ia usulkan kepada Kementan RI melalui Dirjen Pertanian dan Tanaman Pangan, adalah penambahan mesin Combain.

Penambahan mesin Cobain diperlukan, karena menurut Kades, kegiatan pertanian di desanya saat, ini hanya mengandalkan satu mesin Combain dan masih kualahan dalam mendukung kegiatan para petani.

"Salah satunya kita usulkan tambahan mesin Combain untuk mendukung kegiatan panen para petani. Karena kalau hanya satu mesin Combain seperti sekarang, ini tidak mampu, sehingga minimal harus ada dua mesin Combain," ungkap Kades.

Selain penambahan mesin Combain, lanjut Kades, ia juga sempat mengusulkan bantuan sejumlah alat pertanian kepada Dirjen Pertanian dan Tanaman Pangan untuk mendukung kegiatan produksi pertanian di desanya berupa mesin traktor bajak pengolahan lahan sawah yang langsung jadi.

"Kita juga usulkan mesin traktor bajak yang sekali olah langsung jadi untuk mempercepat kerja para petani," tambahnya.

Lebih jauh Kades, optimis, apabila dua alat pertanian tersebut berhasil direalisasikan oleh Kementan RI. Maka program swasembada pangan yang saat ini tengah ditargetkan oleh pemerintah pusat akan tercapai.

"Kami optimis, apabila dua alat pertanian yang kita usulkan ini berhasil direalisasikan. Insya Allah produksi petani akan tercapai dan terjaga, sehingga program swasembada pangan yang ditargetkan oleh pemerintah pusat saat ini mampu kami capai," pungkasnya.

"Selebihnya kami ucapkan terimakasih kepada jajaran Pemkab Bengkulu Utara melalui peran DTPHP Bengkulu Utara yang sebelumnya sudah pro aktif memberikan dukungan kepada sektor pertanian di desa kami, sehingga secara bertahap kegiatan pertanian di desa kami bisa berjalan dengan baik," demikian Kades.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: