Hati-hati dalam Memilih Sunscreen Jika Tipe Kulimu Acne Prone

Hati-hati dalam Memilih Sunscreen Jika Tipe Kulimu Acne Prone

Hati-Hati dalam Memilih Sunscreen Jika Tipe Kulimu Acne Prone--

Ketika memilih sunscreen, cari produk yang dilabeli "non-comedogenic" atau "tidak menyumbat pori-pori". Produk-produk ini dirancang untuk menghindari penyumbatan pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Pastikan juga bahwa sunscreen tersebut bebas dari minyak jika kamu memiliki kulit berminyak atau cenderung berjerawat.

3. Perhatikan Formula dan Tekstur

Pilih sunscreen dengan tekstur ringan atau berbasis gel yang tidak memberikan rasa berat atau berminyak di kulit. Produk berbentuk gel atau lotion seringkali lebih baik untuk kulit acne-prone dibandingkan dengan krim berat.

Hindari sunscreen yang mengandung pewangi atau parfum. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi atau alergi, terutama pada kulit sensitif atau yang cenderung berjerawat.

BACA JUGA:Menghadapi Musim Panas dengan Tren Kecantikan Terbaru yang Bisa Buat Wajahmu Tetap Glowing

BACA JUGA:Kulit Berseri dengan Pepaya, Ini 5 Manfaat Utama untuk Kecantikan Kulit

4. Baca Daftar Bahan

Beberapa bahan dalam sunscreen dapat memperburuk jerawat atau menyebabkan iritasi. Berikut adalah beberapa bahan yang sebaiknya dihindari

• Minyak Mineral dan Petrolatum karena bahan ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

• Alkohol Keras juga dapat menyebabkan kulit kering hingga iritasi pada kulit sensitif.

• Sulfat dan Paraben juga terkadang dapat memicu jerawat meskipun tidak selalu namun bahan-bahan ini bisa menyebabkan reaksi pada kulit sensitif.

Sebaliknya, bahan-bahan seperti niacinamide, hyaluronic acid, dan ceramides bisa bermanfaat untuk kulit acne-prone, karena mereka dapat membantu menenangkan kulit dan menjaga kelembapan.

Sebelum menggunakan sunscreen secara menyeluruh, kamu bisa lakukan uji coba pada area kecil kulit untuk memastikan bahwa tidak ada reaksi negatif dari penggunaan produk. Hal ini cukup penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana kulit kamu bereaksi terhadap produk baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: