5 Poktan di Suka Baru Usulkan Program Irigasi Perpipaan untuk Capai Target Swasembada Pangan

5 Poktan di Suka Baru Usulkan Program Irigasi Perpipaan untuk Capai Target Swasembada Pangan

Aksi tanam padi di Desa Suka Baru--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Kunjungan pejabat dari lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) RI beberapa waktu, lalu. Akan menjadi momentum 5 kelompok tani (Poktan) di Desa Suka Baru, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) untuk menjemput sejumlah program bantuan dari pemerintah pusat.

Konkretnya, sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id Minggu (8/9) hari, ini.

Sedikitnya ke 5 Poktan di Suka Baru akan mengusulkan program bantuan berupa program irigasi perpipaan atau air pump kepada Kementan RI.

Diharapkan, program irigasi perpipaan itu nantinya dapat terealisasi sekaligus kepada 5 Poktan di Desa Suka Baru dan menjadi solusi konkret dalam mengatasi krisis air kepada areal persawahan di Desa Suka Baru selama, ini.

"Pasca kunjungan pejabat di lingkungan Kementan RI, kemarin. Kita sepakat akan usulkan dan menjemput program dari pemerintah pusat berupa program irigasi perpipaan atau air pump," ujar PPL Pertanian Kecamatan MSS, Ari Anggraini.

BACA JUGA:Dua Desa di Ketahun Belum Tentu Bisa Laksanakan Pilkades 2025, Ini Alasannya

BACA JUGA:Data Pemilih yang Sudah Meninggal, Ganda dan Pemula Jadi Perhatian Serius Panwascam

Diungkapkan Ari, solusi paling konkret untuk mengatasi krisis air kepada lahan persawahan di Suka Baru saat ini hanya program irigasi perpipaan. 

Secara teknis, kata Ari, air pump atau irigasi perpipaan ini nantinya akan bekerja untuk mengaliri areal persawahan petani dengan mengandalkan sumber air dasar berupa sumur bor.

"Kalau menggunakan sistem pipanisasi yang berasal dari sungai anggaran yang digunakan terlalu besar (mega proyek) dan membutuhkan kajian tekhnis yang lama. Karena jarak air dari sungai ke areal persawahan lumayan jauh. Sehingga solusi paling konkret dan manfaatnya cepat dirasakan oleh petani saat ini hanya air pump atau irigasi perpipaan yang sumber airnya dari sumur bor tadi," jelasnya.

BACA JUGA:Bawaslu Bengkulu Utara Imbau ASN Hindari Terlibat Kampanye dan Kegiatan Paslon

BACA JUGA:7 Lagu Daerah Bengkulu Beserta Maknanya, Ada Sekundang Setungguan hingga Yo Botoi-Botoi

Ditargetkan Ari, ketika program bantuan irigasi perpipaan ini nantinya dapat terealisasi semuanya. 

Maka swasembada pangan yang ditargetkan oleh pemerintah pusat akan tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: