Tata Cara Membaca Sholawat Munjiyat dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Tata Cara Membaca Sholawat Munjiyat dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Tata Cara Membaca Sholawat Munjiyat dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari--

RADARUTARA.ID - Kata “munjiyat” dalam bahasa Arab mempunyai makna “penyelamat” atau “pembebas”. 

Hal ini berhubungan dengan tujuan dilantunkannya Sholawat Munjiyat, yakni untuk meminta keselamatan dari berbagai macam bahaya sekaligus kesulitan yang berhubungan dengan dunia maupun akhirat. 

Berikut ini bacaan Sholawat Munjiyat untuk perlindungan dari bala dan musibah sehari-hari:

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Tata Cara Membaca Sholawat Munjiyat:

* Mulailah dengan niat yang ikhlas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengungkapkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

* Hendaknya, pahami makna dari sholawat yang kamu baca.

* Pastikan diri dalam keadaan bersih, seperti setelah berwudhu, serta memilih tempat yang bersih dan juga tenang. Kamu dapat membaca Sholawat Munjiyat seusai Sholat Subuh dalam kondisi masih memakai mukena atau sarung dan peci yang bersih.

* Bacalah sholawat dengan tenang dan khusyuk.

* Seusai membaca Sholawat Munjiyat, jangan lupa untuk meminta kepada Allah SWT supaya diberikan kemudahan, keberkahan, dan keselamatan. Kamu bisa melanjutkannya dengan doa lainnya.

Manfaat Membaca Sholawat Munjiyat dalam Kehidupan Sehari-hari:

* Terlindungi dari bahaya, baik yang terlihat maupun yang tak terlihat. Hal ini termasuk juga bencana alam, penyakit, dan gangguan jin.

* Sholawat Munjiyat juga kerap dibacakan untuk meminta keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT dalam segala aspek kehidupan, di dunia maupun di akhirat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: