Pembinaan di Bukit Sari, TP PKK Bengkulu Utara Tekankan Pendidikan Akhlak dan Pencegahan Stunting

Pembinaan di Bukit Sari, TP PKK Bengkulu Utara Tekankan Pendidikan Akhlak dan Pencegahan Stunting

Pembinaan PKK tiga desa di Kec Ulok Kupai--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkulu Utara, telah melaksanakan pembinaan kepada tiga PKK desa di wilayah Kecamatan Ulok Kupai yang dipusatkan di Desa Bukit Sari, pada Rabu (14/8) hari ini.

Dalam pembinaan tersebut, TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara memberi penekanan kepada masing-masing Pokja di PKK desa agar terus mengoptimalkan kinerjanya dalam mengimplementasikan 10 program pokok PKK.

Terkhusus, pentingnya peran PKK dalam memberikan pendidikan akhlak kepada anak serta mengoptimalkan pencegahan terhadap kasus stunting.

"Optimalkan seluruh program kerja pokok PKK melalui Pokja masing-masing. Khususnya, dalam memberikan pendidikan akhlak kepada anak sedari dini dan memaksimalkan langkah-langkah dalam mencegah kasus stunting," tegas Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Ny Eko Kurnia Ningsih Mian, melalui Sekretaris PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Nani Wijaya.

Dalam arahannya, Nani, mengajak seluruh stakeholder khususnya PKK desa untuk bersama-sama mencegah terjadinya kasus stunting melalui penanganan secara terpadu mulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga pusat.

Dan kegiatan Posyandu di desa menurut Nani, merupakan garda terdepan dalam pencegahan stunting.  

"Mari bersama-sama, kita optimalkan upaya pencegahan stunting," ajaknya.

Terpisah Camat Ulok Kupai, Kadino, S.Sos, melalui Sekcam, Juliarto, S.IP, menerangkan, bahwa upaya pencegahan stunting tidak bisa dikelola secara personal. Tetapi, kata Sekcam, penanganan stunting akan berjalan optimal apabila, dijalankan bersama-sama melalui lembaga.   

"Dan peran, itu salah satunya ada di PKK. Karena pengurus dan anggota PKK adalah fasilitator dan memiliki peran sebagai penggerak masyarakat. Sehingga dalam konteks, ini kami berharap rekan-rekan di PKK desa bisa proaktif menjalankan tugasnya. Dan hari, ini kami ucapkan terimakasih kepada TP PKK kabupaten yang secara berkelanjutan dan konsisten telah memberikan pembinaan kepada PKK desa," tandasnya. 

Lebih lanjut, Kades sekaligus pembina PKK Desa Bukit Sari, Rianto Krismawan, PKK desa sangat berperan dalam penanganan dan penanggulangan stunting melalui 10 program pokoknya, terutama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat lewat peran kader-kadernya. 

"Penanggulangan stunting ini sudah ada di 10 program pokok PKK. Yakni meliputi pola asuh anak dan remaja, sosialiasi pencegahan perkawinan anak di usia dini, kekerasan dalam rumah tangga, peningkatan ekonomi keluarga melalui berbagai ketrampilan dan lain sebagainya.

Kami berharap, program-program kerja yang sudah dilaksanakan oleh PKK desa ini dapat di bimbing dan dibina oleh TP PKK kabupaten agar lebih optimal lagi," harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembinaan PKK desa oleh TP PKK Bengkulu Utara, ini diantaranya Kades Bukit Sari, Rianto Krismawan beserta Ketua PKK desa yakni Ny Sunarti, Kades Bangun Karya, Agus Setiadi beserta Ketua PKK desanya, Ny Yusmini Agus, Kades Air Lelangi, Badrun Jaelani, beserta Ketua PKK desanya, Ny Afifa Septiana, Sekcam Ulok Kupai, Juliarto, S.IP, beserta Ketua dan Pengurus PKK tingkat Kecamatan Ulok Kupai serta tim TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara. (Adv)


Sambutan Kades Bukit Sari--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: