Jumlah TPS di Pilkada 2024 Alami Penyusutan, Ini Penyebabnya

Jumlah TPS di Pilkada 2024 Alami Penyusutan, Ini Penyebabnya

Pleno terbuka DPHP oleh PPK Ulok Kupai--

RADARUTARA.ID- Dipastikan, jumlah TPS dalam pelaksanaan Pilkada bulan November 2024 mendatang akan mengalami pengurangan atau penyusutan dibanding pemilihan umum presiden (Pilpres) beberapa bulan, lalu.

Ini, terjadi karena ada perubahan daya tampung TPS pada pelaksanaan Pilkada 2024 ini.

"Jika sebelumnya maksimal hanya mampu menampung 300 mata pilih, nanti pada Pilkada 2024 setiap TPS maksimal akan menampung 600 mata pilih. Sehingga jumlah TPS di Pilkada dibanding Pilpres, akan mengalami pengurangan," ujar Ketua PPK Ulok Kupai, Ihsanudin Al-iraqi, Senin (5/8).

BACA JUGA:Tadi Malam, Ibu Hamil dan IRT Ini Jadi Korban Kerusakan Jembatan Lembah Duri

BACA JUGA:Selain Kepepet dan Butuh Uang, Ternyata Ada Alasan Lain Mengapa Pinjol Selalu Jadi Pilihan Atasi Keuangan

Ditambahkan Ihsan, saat ini PPK baru saja merampungkan proses pleno terbuka atas jumlah daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP).

Hasilnya kata Ihsan, untuk saat ini jumlah DPHP di Kecamatan Ulok Kupai mencapai 9.913 dengan rincian laki-laki 5.090 sedangkan perempuan 4.823 yang tersebar di 10 desa dengan jumlah 23 TPS.

"Bagi masyarakat yang hari ini belum terdaftar atau tercoklit pada proses DPHP bisa kita akomodir lagi pada tahap DPS. Artinya, masyarakat yang memiliki hak suara dan memenuhi syarat dan hari ini belum terdata, akan tetap kita tampung melalui DPS," demikian Ihsan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: