Tak Disangka, Ternyata Ada Makanan yang Bisa Membatalkan Wudhu, Apa Itu?

Tak Disangka, Ternyata Ada Makanan yang Bisa Membatalkan Wudhu, Apa Itu?

Tak Disangka, Ternyata Ada Makanan yang Bisa Membatalkan Wudhu, Apa Itu?--

RADARUTARA.ID- Diantara banyak hal yang bisa membatalkan wudhu, makan dan minum tidak termasuk di dalamnya. Tetapi apakah kamu tahu, ternyata ada satu makanan yang bisa membatalkan wudhu. Apa itu?

Berdasarkan hadis Rasulullah SAW, dijelaskan bahwa wudhu dilakukan sebelum sholat untuk menghilangkan hadast kecil. Allah SWT tidak akan menerima sholat orang yang berhadast.

Artinya: "Allah tidak menerima sholaf salah seorang kamu bila berhadats sampai ia berwudhu." (HR Bukhari)

Dari mazham Hambali, ada satu makanan yang bisa membatalkan wudhu, yakni daging unta. Pendapat ini tercantum dalam Syarah Riyadhus Shalihin (Jilid II) karangan Imam An Nawawi yang menuliskan daging unta baik matang maupun masih mentah.

BACA JUGA:Ada di BIM, Ini 5 Rekomendasi Menu Paling Enak di Restoran Raa Cha Suki & BBQ

Daging unta bisa membatalkan wudhu seperti pada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Jabir bin Samurah RA berikut ini. Ia pun berkata,

Yang Artinya: Ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apakah saya harus berwudhu karena memakan daging kambing?" Beliau menjawab, "Jika kamu mau, berwudhulah; jika tidak mau tidak perlu." Orang itu bertanya lagi, "Apakah saya harus berwudhu karena memakan daging unta?" Beliau pun menjawab, "Ya, berwudhulah karena memakan daging unta." (HR Muslim)

Hadist diatas, menurut Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah terjemahan Abu Aulia dan Abu Syauqina, tidak dipertentangkan oleh para ulama. Periwayatan tersebut dinilai shahih serta perawinya dinilai adil. Sehingga hukum tersebut telah disepakati. 

Tetapi, ada pula pendapat yang menyebutkan, berwudhu sesudah memakan daging unta sifatnya cuma anjuran saja, bukan kewajiban. Tetapi, Imam An Nawawi condong untuk mewajibkannya.

Walaupun makan daging unta membatalkan wudhu, tetapi meminum susu unta ternyata tidak membatalkan wudhu. Makan dan minum secara umum sesudah berwudhu juga tidak akan membatalkan wudhu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: