Bacakan Doa Ini Saat Terbangun Tengah Malam, Insya Allah Semua Hajat Baik Akan Dijabah

Bacakan Doa Ini Saat Terbangun Tengah Malam, Insya Allah Semua Hajat Baik Akan Dijabah

Bacakan Doa Ini Saat Terbangun Tengah Malam, Insya Allah Semua Hajat Baik Akan Dijabah--

RADARUTARA.ID- Mungkin kamu pernah mengalami terbangun di tengah malam. Terkadang kita bisa saja langsung tidur lagi, namun kadang juga sangat sulit untuk tidur nyenyak kembali. Ternyata, ada doa terbangun tengah malam yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sesudah membaca doa ini, kita akan lebih tenang. 

Lantas seperti apa doa terbangun tengah malam menurut sunnah Rasulullah SAW? Dan bagaimana tata cara membacanya? Apa yang harus dilakukan sesudah membaca doanya? Agar lebih paham, coba simak selengkapnya berikut ini.

Beberapa dari kita mungkin tidam berniat bangun malam untuk mengerjakan shalat malam, namun ada juga yang memang sudah terbiasa dan berniat bangun malam untuk shalat. Yang pasti, ada doa yang hendaknya umat muslim lafalkan saat terbangun di tengah malam. Sesudab terbangun, memang hendaknya dilanjutkan dengan shalat malam

BACA JUGA:Miris, Ini 20 Negara yang Penduduknya Tidak Percaya Tuhan atau Atheis

Lantas seperti apa bacaan doa terbangun tengah malam untuk sholat tahajud? Berikut ini penjelasan lengkap doa dan artinya:

1. Doa Terbangun Tengah Malam dari Nabi Muhammad SAW

“Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariikala lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sya’in qadir. Alhamdulillah wa subhaanallaah, wa la ilaaha llallah, wallahu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billaah.”

Artinya: “Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan hanya Allah yang tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan pujian dan Dialah Dzat yang Maha Kuasa, segala puji bagi Allah, Maha suci Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan upaya melainkan karena Allah.”

Dari HR Bukhari, sesudab melafalkan doa di atas maka Nabi Muhammad SAW akan melanjutkan dengan mengucapkan “Ya Allah, ampunilah aku.” Kemudian, Rasulullah SAW akan memanjatkan doa. Lalu beliau bangun, wudhu, dan mengerjakan shalat. 

2. Zikir Nabi Muhammad SAW Saat Terbangun Tengah Malam

“Rabbiġْfir wārْḥamْ, wāhْdi lissabīl al-ʾaqūm.”

Artinya: “Ya Tuhan, ampuni dan kasihanilah kami serta tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus.”

Zikir di atas bisa kita baca ketika terbangun di tengah malam dalam keadaan terkejut ataupun terbangun dalam keadaan tenang. Sesudah membaca, niscaya hati menjadi jauh lebih tenang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: