Jadwalnya Hari Ini! Ternyata ada Makna dan Alasan Kenapa Pembuangan Tabut Harus di Karabela

Jadwalnya Hari Ini! Ternyata ada Makna dan Alasan Kenapa Pembuangan Tabut Harus di Karabela

Jadwalnya Hari Ini! Ternyata ada Makna dan Alasan Kenapa Pembuangan Tabut Harus di Karabela--

RADARUTARA.ID- Ritual tabut tebuang ini mempunyai makna untuk membuang segala perbuatan buruk. Ritual ini dimulai dengan ara-arak dari rombongan pemusik tradisional di sepanjang perjalanan.

Arak-arak tersebut melewati jalan Jenderal Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, Suprapto dan Jalan S Parman, lalu berakhir di kompleks pemakaman Karabela.

Perhentian tabut di karabela tersebut, ternyata menjadi tradisi turun temurun.

Karena karabela menjadi tempat pemakaman dari Imam Senggolo keluarga keturunan tabut. Itu sebabnya perhentian terakhir tabut ditetepkan di karabela.

Sebelum membuang tabut, saat arak-arak berlangsung posisi tabut sakral wajib dalam tempat yang benar. Sayangnya hal tersebut kerap terlupakan, selama beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA:Kenapa Akhir-akhir Ini Suhu Terasa Lebih Dingin Padahal Lagi Musim Kemarau? Ternyata Ini Alasannya

Hendaknya posisi tabut ini harus rapi baris-berbaris, namun sekarang ini lebih sering acak-acakan. Dulu, tabut dari gedung daerah sampai simpang lima, posisi tabut bangsal harus diiringi dengan tabut imam. Kemudian selanjutnya tabut kampung batu.

Sesudah arakan sampai di Simpang Lima, Tabut Imam akan mengambil posisi barisan depan sementara tabut Bangsal mundur ke belakang.

Sebagian warga Kota Bengkulu prihatin akan tradisi tersebut yang mulai di lupakan oleh masyarakat Bengkulu, terutama bagi keluarga tabut. Kedepannya, diharapkan l tradisi tabut jangan pernah diubah, masyatakat juga meminta pemerintah untuk memperhatikan keluarga tabut.

“Sekarang banyak baris berbaris tabut yang diubah-ubah. Keluarga tabut jadi mempertanyakan kenapa tradisi tersebut diubah, akan sangat di sayangkan. Kalau bisa tradisi itu jangan diubah, sebab lambat laun akan menghilang. Harapan kita tahun depan, pembuat tabut itu dilirik. Jangan sampai tidak diprioritaskan, karena ini hajatan keluarga tabut setiap tahunnya. Bantuan untuk pembuatan tabut yang kita harapkan ya,” ujar salah satu masyarakat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: