Bacaan Doa Agar Dimudahkan Menghafal Al-Qur'an, Ingatan Jadi Kuat dan Tak Mudah Hilang

Bacaan Doa Agar Dimudahkan Menghafal Al-Qur'an, Ingatan Jadi Kuat dan Tak Mudah Hilang

Bacaan Doa Agar Dimudahkan Menghafal Al-Qur'an, Ingatan Jadi Kuat dan Tak Mudah Hilang--

RADARUTARA.ID- Membaca doa agar dimudahkan menghafal Alquran bisa menjadi salah satu ikhtiar supaya bisa diberi kemampuan mengingat ayat-ayat suci yang sudah dihafalkan. Bukan cuma bernilai pahala, menghafalkan isi kitab suci Alquran akan memberikan berbagai manfaat seperti dipermudah memahaminya sebagai bekal hidup di dunia maupun akhirat.

Alquran merupakan kitab suci yang menyatu dengan kehidupan di alam semesta. Isinya sangat berhubungan erat dengan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Jadi banyak persoalan di dunia sejatinya dapat diselesaikan dengan mengambil makna dari Alquran.

Sebagai salah satu Rukun Iman yang wajib diyakini, setiap umat muslim berusaha setiap hari membaca dan menghafal Al-Qur'an. Sarana yang dipakai juga semakin beraneka ragam. Selain dalam bentuk kitab, sekarang ini juga berkembang Quran digital yang dapat diakses memakai perangkat cerdas.

BACA JUGA:Doa Melembutkan Hati Mertua Agar Terjalin Hubungan Baik dan Disayang

Tetapi tak bisa dipungkiri, seiring dengan berjalannya waktu ingatan manusia jadi melemah. Memori hafalan Al-Quran yang masuk bisa saja hilang jika tidak di-muroja'ah.

Itu sebabnya mengapa banyak berkembang cara menghafalkan Al-Qur'an dengan berbagai metode. Tetapi seringkali menemui kesulitan di tengah-tengahnya. Kalau kamj menghadapi rintangan seperti itu, mohonlah kepada Allah SWT untuk selalu menjagamu dari godaan yang menghalangi hafalan.

Bacakan juga doa-doa supaya mudah menghafal Al-Qur'an. Berikut inj bacaan doa agar hafalanmu cepat dan kuat tidak gampang hilang.

BACA JUGA:Bacaan Doa agar Memiliki Keluarga Sakinah Mawadah Warahmah, Lengkap dengan Arti

1. Doa Pertama

Allahumma inni as aluka fahman nabiyyin, wa hifdzol mursalin, wa ilhamal malaikatil muqorrobin 

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan ilham para malaikat yang mempunyai kedudukan istimewa." 

2. Doa Kedua

Allahumma nuri bil kitabi bashri wasyrakh bihi shadri wa ista'mil bihi badani wa athliq bihi lisani wa qowwihi janani wa asri' bihi fahmi wa qowwihi 'azmi bikhaulik wa quwwatika fa innahu la khaula wa la quwwata illa bika ya arhamar rahimin.

Artinya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: