Hati-hati, Ini 5 Kandungan dalam Lip Balm yang Bikin Bibir Jadi Kering dan Pecah-pecah

Hati-hati, Ini 5 Kandungan dalam Lip Balm yang Bikin Bibir Jadi Kering dan Pecah-pecah

Hati-hati, Ini 5 Kandungan dalam Lip Balm yang Bikin Bibir Jadi Kering dan Pecah-pecah --

RADARUTARA.ID - Bibir merupakan salah satu area wajah yang rentan. Tak heran, kalau penggunaan produk kecantikan untuk Bibir juga wajib diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Ditambah lagi ketika kondisi bibir sedang tidak sehat dan pecah-pecah, perlu penanganan yang tepat supaya tidak iritasi dan infeksi.

Dalam kondisi seperti itu, biasanya kamu langsung menggunakan lip balm lantaran dianggap akan langsung melembapkan. Padahal, tidak semua bahan di lip balm baik untuk mengurangi bibir pecah. Ada beberapa bahan yang justru membuat kondisi bibir semakin buruk, seperti berikut ini:

BACA JUGA:Jangan Asal Beli, Perhatikan Dulu Hal Ini Sebelum Membeli Ban Mobil

1. Asam hyaluronat dan gliserin

Bahan yang bersifat humektan, terutama asam hialuronat (hyaluronic acid) dan gliserin (glycerin), membuat kondisi bibir jadi semakin buruk. Bahan-bahan yang bersifat humektan wajib digabungkan dengan yang bersifat oklusif seperti lilin lebah (beeswax) atau shea butter sehingga kelembapan jadi terkunci.

2. Paraben

Paraben mempunyai kemampuan meniru estrogen walaupun lemah.

Bahan ini berhubungan dengan peningkatan beberapa kasus kanker payudara. Paraben ditemukan pada kanker payudara dan berhubungan dengan toksisitas reproduksi. Bahkan, bahan methylparaben juga ditemukan bisa memblokir obat kanker payudara, Tamoxifen.

BACA JUGA:3 Cara Mudah Meluruskan Rambut secara Alami Tanpa Catokan, Langsung Rapi dalam Hitungan Menit

3. Pewangi dan perasa

Pewangi dan perasa membuat penggunaan produk kecantikan menjadi semakin menyenangkan. Tetapi, pada pelembap bibir, keduanya menjadi bahan kimia tersembunyi yang malah akan berbahaya.

Kalau diperhatikan, kebanyakan produk cuma mencantumkan 'fragrance' alias wewangian tanpa benar-benar mencantumkan bahan yang dipakai. Mungkin lip balm kamu tidak menyebut atau mengandung bahan kimia namun potensi ini tetap ada.

Untuk bibir yang tengah bermasalah, alangkah baiknya memilih lip balm dengan kandungan bahan alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: