Di Napal Putih Baru Tiga Desa Usulkan Pencairan DD Tahap II, Ini Kendalanya

Di Napal Putih Baru Tiga Desa Usulkan Pencairan DD Tahap II, Ini Kendalanya

Usulan Dana desa--

RADARUTARA.ID- Dari total 10 desa di Kecamatan Napal Putih, baru tiga desa yang dilaporkan telah sukses menyampaikan usulan pencairan dana desa (DD) tahap II TA 2024. Sementara idealnya di bulan Juli, ini seluruh desa ditargetkan sudah dapat mencairkan dan merealisasikan DD-nya di tahap II. Mengingat proses pencairan DD di tahun, ini hanya berlaku sebanyak dua tahap.

"Batu tiga desa yang usulannya sudah naik dan satu desa yakni Desa Air Tenang yang informasinya sudah menerima pencairan DD tahap II," ungkap Camat Napal Putih, Bambang Abdul Mutalib, melalui Sekcam, Misbansyah, Selasa (9/7).

Diakui Misbansyah, proses pencairan DD tahap II tak jauh berbeda seperti usulan pencairan DD di tahap I, sebelumnya. Hanya saja untuk proses pencairan ke II, ini ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi dan tidak bisa disepelekan.

"SPJ realisasi anggaran di tahap I harus lengkap dan ada bukti pembayaran pajak kegiatan. Jika, itu belum dilengkapi desa tidak akan mendapat rekomendasi untuk menyampaikan usulan pencairan tahap II," tegas Sekcam.

BACA JUGA:Program Seragam Gratis untuk Siswa SD dan SMP TA 2024 Berakhir? Ini Kata Korwil

Diterangkan Misbansyah, sementara, ini ada tujuh desa yang belum menyampaikan usulannya ke tingkat kabupaten. Pada umumnya, ketujuh desa tersebut sedang dalam proses kelengkapan dokumen SPJ dan tahap verifikasi di tingkat kecamatan.

"Tujuh desa lainnya sedang melengkapi dokumen penunjang usulan seperti SPJ dan dokumen terkait pembayaran pajak. Jika seluruh dokumen tersebut berhasil dilengkapi, maka usulan mereka bisa kita rekomendasikan," demikian Misbansyah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: