Tata Cara Menghitung Weton dari Tanggal Lahir dan Tahun yang Akurat

Tata Cara Menghitung Weton dari Tanggal Lahir dan Tahun yang Akurat

Tata Cara Menghitung Weton dari Tanggal Lahir dan Tahun yang Akurat--

RADARUTARA.ID - Tradisi Masyarakat Jawa masih terasa begitu kental, terutama mengenai kelahiran Jawa. Orang kini, banyak yang tidak mengetahui tentang weton lahirnya, padahal ada berbagai cara untuk mengetahui weton dari tanggal lahir dan tahun saja.

Siapa saja dapat melihat hari lahirnya terutama weton apa yang dimiliki. Weton sendiri terdiri dari 5 diantaranya Kliwon, Legi, Pon, Pahing, dan Wage.

Penasaran bagaimana cara menghitungnya? Simak cara menghitung weton dari tanggal lahir dan tahun yang akurat berikut ini.

BACA JUGA:Cepat Sembunyi, 4 Weton Ini Jadi Incaran Sengkolo di Malam 1 Suro 2024

Untuk mencari weton yang diperlukan yaitu harus mengetahui hari kelahiran kita terlebih dahulu berdasarkan kalender Jawa. Berikut ini cara mencarinya:

1. Tentukan tanggal lahir

Contohnya, tanggal lahirnya 12 Mei.

2. Tentukan tahun lahir

Contohnya, tahun lahirnya 1995.

3. Hitunglah angka tahun Jawa

Caranya, kurangi tahun lahir dengan angka 4 (tahun kabisat) lalu bagi hasilnya dengan 7. Lalu, ambil sisa bagiannya. Misalnya: (1995-4) / 7 = 285 sisa 6. Jadi, angka tahun Jawa adalah 6.

4. Hitunglah angka pasaran atau hari dalam satu minggu

Caranya, ambil dua angka terakhir dari tahun lahir dan tambahkan dengan 2. Contoh: 95 + 2 = 97. Lalu, bagi hasilnya dengan 7. Misalnya: 97 / 7 = 13 sisa 6. Maka, angka pasarannya adalah 6.

BACA JUGA:Kapan Malam 1 Suro 2024? Ini Jawabannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: